Tutorial Membuat Video Pembelajaran tanpa Presentasi

Mengajar di pendidikan kesetaraan butuh kesiapan yang matang, hal ini karena situasi dan kondisi yang kadang tidak menentu sebagaimana diharapkan. Misalnya kondisi peserta didik yang aktif sangat sedikit, atau kondisi pandemi yang sulit untuk bertatap muka. Ditambah aktifitas para tutor yang kebanyakan adalah volunteer sehingga waktu yang tersedia tidak sebanyak guru yang fokus dalam satu lembaga. 

Tutorial ini untuk berbagi informasi agar materi belajar tetap ada namun juga tidak banyak waktu yang kita buat cukup dengan cara yang akan disampaikan di dalam video ini. Dengan adanyak cara ini, maka diharapkan para tutor dapat memberkan pembelajaran atau tutorial secara online meskipun asinkrounus namun dapat membantu banyak peserta didik. 

Video sederhana ini bukan berarti cespleng, hanyalah sebagai pelengkap daripada tidak ada sama  sekali. Yang terbaik adalah membuat video secara full dengan editing, text narasi, dan perencanaan gambar dan video lainnya agar dapat membeirkan gambaran utuh dalam sebuah materi belajar. 

Namun sekali lagi ini hanyalah trik dan tips bagaimana cara membuat video pembelajaran dalam waktu kurang dari 5 menit bisa memberikan suatu ide, gagasan, materi baru, materi lama, penugasan, dan lain-lain dengan cara praktis hasilnya bisa menarik. 

Langkah-langkahnya:
1. Carilah presentasi, buku, modul, atau video orang lain yang isinya materi yang akan disampaikan. Materi ini perlu diperhatikan sisi menariknya dan tampilannya. Semakin menarik maka semakin bagus video yang akan kita buat. 

2. Rekamlah layar HP Anda atau layar monitor dan usahakan tampilkan wajah di layar. Untuk PC bisa menggunakan screen recorder bawaan windows atau download banyak sekali merknya. Namun untuk HP bisa menggunakan kamera bawaah video screen atau bisa downlaod di playsore. 

3. Narasikan selama merekam apa dan bagaiamana pembelajaran diarahkan dan dituju. Sehingga benar-benar perserta dapat menikmati, mendalami, dan juga mampu mendapatkan ilmu baru serta dapat melihatnya. 

4. Setelah selesai direkam maka perlu dibuat filenya bisa diupload di youtube atau di manapun, sehingga bisa untuk dijadikan bahan ajar atau langsung ke grup kelas sehingga peserta didik mampu mencerna dan ada tugas atau pembelajaran lainya yang harus dilaksanakan peserta didik. 

5. Untuk vide silakan bisa menyimak di sini.


Posting Komentar

0 Komentar

Edukasi Jakarta -