Sharing Pengalaman - Dialog Ketua PKBM dari Aceh dengan Ketua PKBM Edukasi Jakarta


Sharing pengalaman manajemen PKBM yang dilakukan oleh ketua PKBM Edukasi dengan PKBM Tengku Markam, Provinsi Aceh berlangsung di Jakarta dalam suatu kunjungan, pada sekitar awal Maret 2022.

 

Adalah Bapak Johan dari Aceh sengaja berkunjung ke Jakarta kemudian melakukan dialog sharing pengalaman dengan M. Kurtubi ketua PKBM Edukasi Jakarta. 

Keinginan ini sudah lama namun baru terlaksana saat liburan hari Sabtu dan Minggu pada bulan lalu.

Banyak hal yang diceritakan bagaimana PKBM Edukasi Jakarta mau berbagi pengalaman mengelola lembaga ini dengan sederhana dan simple. 

Dalam video ini jelas diceritakan bahwa PKBM itu suatu lembaga non formal yang dibangun dari, oleh, dan untuk masyarakat tentu bertujuan untuk memberikan pelayanan pendidikan sebaik-baiknya. 

Satu hal yang perlu dilakukan adalah bagaimana PKBM itu dipercaya oleh masyarakat tentunya memiliki legalitas formal sebagai langakah awal, selain itu dari sisi internal kita harus melayani masyarakat itu sebagai tamu juga sebagai keluarga, ujar M. Kurtubi. 

Saat ditanya bagaimana pembelajaran ini bisa memberikan dampak yang lebih banyak pada peserta didik di mana salah satu cerita dari PKBM Edukasi dalam praktek baiknya mampu melayani pendidikan sampai lbenerapa ulusannya bisa sekolah ke luar negeri, bahkan ada yang memperoleh beasiswa gratis kuliah di Taiwan.

Dijawab oleh ketua PKBM Edukasi bahwa kita tidak bisa bekerja sendiri harus kolaborasi dengan lembaga lain yang memang menyediakan berbagai hal, baik itu keterampilan maupun pengerahan program beasiswa ke luar negeri. 

Adanya lembaga yang bisa menyalurkan para lulusan Indonesia ke luar negeri ini kita bisa manfaatkan dan memenuhi persyaratan sehingga peserta didik yang memiliki keinginan dapat diberi kesempatan untuk bisa kuliah ke luar negeri tentunya dengan gratis atau berbayar sesuai dengan kemampuan masing-masing. 

Selain itu suatu lembaga tidak serta merta memiliki SDM yang mumpuni dalam hal menyediakan program program keterampilan yang spesifik misalnya bidang teknologi informasi dan komunikasi, berkomunikasi dalam berbagai  bahasa seperti Mandarin, English, Jepang, Korea, dan  kemampuan lainnya. 

Apabila ada peserta didik yang ingin memiliki suatu keterampilan tertentu, sementara di dalam PKBM tidak menyediakan SDM yang mumpuni maka tentu harus dicarikan cara agar bisa tersalurkan bakat dan kemampuannya itu agar bisa terlayani. 

PKBM Edukasi Jakarta bekerjasama dengan berbagai macam lembaga baik itu sifatnya lokal nasional maupun internasional. 

Anda bisa bekerja sama tangan PKBM Edukasi dan bisa menyalurkan bakat dan kemampuannya agar dapat berkembang dan tersalurkan dengan baik. Berbagai macam keterampilan yang ingin diasah silakan berhubungan dengan lembaga kemudian nanti akan dicarikan solusi untuk pembelajarannya secara intensif. 
 
Semua keterampilan yang diinginkan akan dilatih oleh mentor yang kompeten dan tentunya peserta didik akan didorong untuk sampai kepada memiliki sertifikat kompetensi.

Sharing pengalaman ini sangat menarik dan tentunya praktek baik ini perlu harus dimunculkan oleh lembaga-lembaga PKBM lainnya agar masyarakat ini tidak saja mendapatkan ijazah semacam paket c namun memiliki keterampilan yang bisa diandalkan baik tingkat lokal nasional maupun internasional. 

Dalam kurikulum merdeka yang akan diberlakukan implementasinya adalah berbagai macam project. Salah satu rajanya adalah bagaimana lembaga bisa mengambil objek yang disiapkan oleh pusat juga dapat memilih project-project tersendiri sesuai dengan keinginan. 

Implementasi kurikulum merdeka ini perlu dibangun dan kami telah menyiapkan sejak lama dengan tujuan agar peserta didik dapat terlayani dan tersalurkan bakatnya. 

Profil pelajar Pancasila sebagai bagian dari upaya negara ini agar penduduknya memiliki karakter baik sesuai dengan filosofi  bangsa ini yaitu kehidupan ber Pancasila tentu perlu dilatih dalam setiap projek yang dilaksanakan itu. 


Posting Komentar

0 Komentar

Edukasi Jakarta -
Edukasi Jakarta -
Edukasi Jakarta -