TP (Tujuan Pembelajaran) Paket C K13




Tujuan Pembelajaran PKBM Edukasi Jakarta untuk setiap Mata Pelajaran:

1. Keterampilan Wajib 

    Tujuan Ketermapilan wajib ini adalah menurut kurikulum 2013 yang terdiri dari mata pelajaran Seni Budaya, Pendidikan Olahraga, dan Prakarya-Kewirausahaan. Untuk memudahkan dalam pembelajaran setiap semester mata dibuatkan tujuan pembelajarannya.  

Kelas X Semester Ganjil:

  1. Mengembangkan Kreativitas dalam Seni Budaya:
    • Eksplorasi seni lukis, musik, tari, dan teater untuk mengembangkan kreativitas siswa.
  2. Meningkatkan Keterampilan Jasmani melalui Olahraga:
    • Melakukan latihan fisik, teknik, dan permainan untuk meningkatkan keterampilan fisik dan kesehatan siswa.
  3. Memahami Nilai-nilai Budaya dalam Kewirausahaan:
    • Mempelajari nilai-nilai budaya lokal dan menerapkannya dalam konsep bisnis.
  4. Mengenal Ragam Seni Budaya Lokal dan Global:
    • Menghargai seni budaya lokal dan global serta memahami pengaruhnya terhadap identitas dan keberagaman budaya.
  5. Meningkatkan Kerjasama dan Keterampilan Tim melalui Olahraga:
    • Berpartisipasi dalam olahraga berkelompok untuk meningkatkan keterampilan kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan.
  6. Membangun Kreativitas dan Inovasi dalam Kewirausahaan:
    • Mengembangkan produk atau layanan baru dengan mempertimbangkan aspek budaya dalam prosesnya.

Kelas X Semester Genap:

  1. Mengasah Teknik dan Ekspresi dalam Seni Budaya:
    • Latihan praktis dan penelitian sejarah seni dan budaya untuk mengasah teknik dan ekspresi dalam seni budaya.
  2. Meningkatkan Keterampilan Strategi dan Taktik dalam Olahraga:
    • Meningkatkan keterampilan strategi, taktik, dan analisis dalam berbagai cabang olahraga.
  3. Mengembangkan Rencana Bisnis dan Kewirausahaan:
    • Mengembangkan rencana bisnis komprehensif termasuk analisis pasar, strategi pemasaran, dan perencanaan keuangan.
  4. Menghargai Karya Seni Budaya dan Prestasi Olahraga:
    • Menghargai dan menganalisis karya seni budaya serta prestasi dalam olahraga sebagai bagian dari warisan budaya dan inspirasi.
  5. Meningkatkan Keterampilan Manajemen dan Organisasi dalam Kewirausahaan:
    • Meningkatkan keterampilan manajemen waktu, keuangan, dan sumber daya manusia dalam menjalankan bisnis atau proyek kewirausahaan.
  6. Penerapan Kreativitas dan Inovasi dalam Produk Kewirausahaan:
    • Menerapkan kreativitas dan inovasi dalam pengembangan produk atau layanan kewirausahaan yang responsif terhadap kebutuhan pasar dan budaya.

Kelas XI Semester Ganjil:

  1. Eksplorasi Berbagai Bentuk Seni Budaya:
    • Mengembangkan kreativitas siswa melalui eksplorasi seni lukis, musik, tari, dan teater.
  2. Meningkatkan Keterampilan Fisik dan Kesehatan:
    • Melakukan latihan fisik, teknik, dan permainan untuk meningkatkan keterampilan fisik dan kesehatan siswa.
  3. Memahami Peran Budaya dalam Kewirausahaan:
    • Memahami peran budaya dalam dunia kewirausahaan dengan mempelajari nilai-nilai budaya lokal.
  4. Mengenal dan Menghargai Keanekaragaman Budaya:
    • Mengenal dan menghargai beragam seni budaya lokal dan global serta memahami pengaruhnya terhadap identitas budaya.
  5. Meningkatkan Keterampilan Kerjasama dan Komunikasi:
    • Meningkatkan keterampilan kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan melalui kegiatan olahraga berkelompok.
  6. Mengembangkan Kreativitas dalam Merancang Produk Baru:
    • Mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam merancang produk atau layanan baru dalam konteks kewirausahaan.

Kelas XI Semester Genap:

  1. Mengasah Teknik dan Ekspresi dalam Seni Budaya:
    • Mengasah teknik dan ekspresi dalam seni budaya melalui latihan praktis dan penelitian sejarah seni.
  2. Meningkatkan Keterampilan Strategi dan Taktik dalam Olahraga:
    • Meningkatkan keterampilan strategi, taktik, dan analisis dalam berbagai cabang olahraga.
  3. Mengembangkan Rencana Bisnis yang Komprehensif:
    • Mengembangkan rencana bisnis komprehensif termasuk analisis pasar, strategi pemasaran, dan perencanaan keuangan.
  4. Menghargai Karya Seni Budaya dan Prestasi Olahraga:
    • Menghargai karya seni budaya serta prestasi dalam olahraga sebagai inspirasi dan bagian dari warisan budaya.
  5. Meningkatkan Keterampilan Manajemen dan Organisasi:
    • Meningkatkan keterampilan manajemen waktu, keuangan, dan sumber daya manusia dalam menjalankan bisnis atau proyek kewirausahaan.
  6. Penerapan Kreativitas dan Inovasi dalam Pengembangan Produk:
    • Menerapkan kreativitas dan inovasi dalam pengembangan produk atau layanan kewirausahaan yang responsif terhadap pasar dan budaya.

Kelas XII Semester Ganjil:

  1. Eksplorasi Berbagai Bentuk Seni Budaya:
    • Eksplorasi seni lukis, musik, tari, dan teater untuk mengembangkan kreativitas siswa.
  2. Meningkatkan Keterampilan Fisik dan Kesehatan:
    • Latihan fisik, teknik, dan permainan untuk meningkatkan keterampilan fisik dan kesehatan siswa.
  3. Memahami Peran Budaya dalam Kewirausahaan:
    • Memahami peran budaya dalam dunia kewirausahaan dengan mempelajari nilai-nilai budaya lokal.
  4. Mengenal dan Menghargai Keanekaragaman Budaya:
    • Mengenal dan menghargai beragam seni budaya lokal dan global serta memahami pengaruhnya terhadap identitas budaya.
  5. Meningkatkan Keterampilan Kerjasama dan Komunikasi:
    • Meningkatkan keterampilan kerjasama, komunikasi, dan kepemimpinan melalui kegiatan olahraga berkelompok.
  6. Mengembangkan Kreativitas dalam Merancang Produk Baru:
    • Mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam merancang produk atau layanan baru dalam konteks kewirausahaan.

Kelas XII Semester Genap:

  1. Mengasah Teknik dan Ekspresi dalam Seni Budaya:
    • Mengasah teknik dan ekspresi dalam seni budaya melalui latihan praktis dan penelitian sejarah seni.
  2. Meningkatkan Keterampilan Strategi dan Taktik dalam Olahraga:
    • Meningkatkan keterampilan strategi, taktik, dan analisis dalam berbagai cabang olahraga.
  3. Mengembangkan Rencana Bisnis yang Komprehensif:
    • Mengembangkan rencana bisnis komprehensif termasuk analisis pasar, strategi pemasaran, dan perencanaan keuangan.
  4. Menghargai Karya Seni Budaya dan Prestasi Olahraga:
    • Menghargai karya seni budaya serta prestasi dalam olahraga sebagai inspirasi dan bagian dari warisan budaya.
  5. Meningkatkan Keterampilan Manajemen dan Organisasi:
    • Meningkatkan keterampilan manajemen waktu, keuangan, dan sumber daya manusia dalam menjalankan bisnis atau proyek kewirausahaan.
  6. Penerapan Kreativitas dan Inovasi dalam Pengembangan Produk:
    • Menerapkan kreativitas dan inovasi dalam pengembangan produk atau layanan kewirausahaan yang responsif terhadap pasar dan budaya.

2. Keterampilan Pilihan ( TIK ) Atau Aplikasi Komputer Perkantoran  

Kelas Sem Tujuan Pembelajaran
X 1
  1. Menguasai perangkat lunak pengolah kata (misalnya Microsoft Word) untuk membuat dokumen dasar, seperti surat, laporan, dan brosur.
    Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk memformat teks, menyisipkan gambar dan tabel, serta mengelola dokumen secara efektif.
  2. Memahami konsep dasar desain dokumen dan mampu menerapkannya dalam pembuatan dokumen.
  3. Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam pembuatan dokumen.
  4. Menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam menggunakan perangkat lunak pengolah kata.
  5. Menyadari pentingnya menjaga hak cipta dan etika dalam penggunaan perangkat lunak pengolah kata.
X 2
  1. Menguasai perangkat lunak pengolah angka (misalnya Microsoft Excel) untuk membuat tabel, menghitung data, dan membuat grafik.
  2. Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menganalisis data dan membuat kesimpulan.
  3. Memahami konsep dasar formula dan fungsi dalam perangkat lunak pengolah angka.
  4. Mampu menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk membuat presentasi data yang menarik dan informatif.
  5. Menunjukkan sikap kritis dan kreatif dalam menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyelesaikan masalah.
  6. Menyadari pentingnya akurasi dan ketepatan dalam menggunakan perangkat lunak pengolah angka.
XI 1
  1. Mengembangkan keterampilan presentasi menggunakan perangkat lunak presentasi (misalnya Microsoft PowerPoint) dan memahami cara menyusun materi presentasi yang menarik dan efektif.
  2. Mampu menggunakan perangkat lunak presentasi untuk membuat slide presentasi yang menarik dan informatif.
  3. Memahami konsep dasar desain presentasi dan mampu menerapkannya dalam pembuatan presentasi.
  4. Mampu menggunakan perangkat lunak presentasi untuk menyampaikan presentasi secara efektif di depan audiens.
  5. Menunjukkan sikap percaya diri dan antusias dalam menyampaikan presentasi.
  6. Menyadari pentingnya komunikasi yang baik dan etika dalam presentasi.
XI 2
  1. Memahami konsep dasar keamanan data, mengidentifikasi risiko keamanan yang mungkin terjadi, dan menerapkan langkah-langkah perlindungan data.
  2. Mampu menggunakan perangkat lunak antivirus dan firewall untuk melindungi komputer dari virus dan malware.
  3. Memahami konsep dasar enkripsi dan mampu menerapkannya untuk melindungi data sensitif.
  4. Mampu membuat backup data secara berkala untuk mencegah kehilangan data.
  5. Menunjukkan sikap tanggung jawab dan kewaspadaan dalam menjaga keamanan data.
  6. Menyadari pentingnya privasi informasi dan etika dalam penggunaan data.
XII 1
  1. Mempelajari perangkat lunak desain grafis (misalnya Adobe Photoshop atau Canva) untuk membuat desain visual yang menarik dan profesional.
  2. Mampu menggunakan perangkat lunak desain grafis untuk membuat logo, brosur, poster, dan desain visual lainnya.
  3. Memahami konsep dasar desain grafis dan mampu menerapkannya dalam pembuatan desain visual.
  4. Mampu menggunakan perangkat lunak desain grafis untuk membuat desain visual yang sesuai dengan target audiens.
  5. Menunjukkan sikap kreatif dan inovatif dalam menggunakan perangkat lunak desain grafis.
  6. Menyadari pentingnya hak cipta dan etika dalam penggunaan desain grafis.
XII 2
  1. Mempelajari perangkat lunak manajemen proyek (misalnya Trello atau Asana) untuk merencanakan, mengatur, dan melacak kemajuan proyek.
  2. Mampu menggunakan perangkat lunak manajemen proyek untuk membuat roadmap proyek, menetapkan tugas, dan memantau kemajuan proyek.
  3. Memahami konsep dasar manajemen proyek dan mampu menerapkannya dalam pengelolaan proyek.
  4. Mampu menggunakan perangkat lunak manajemen proyek untuk berkolaborasi dengan tim dalam menyelesaikan proyek.
  5. Menunjukkan sikap disiplin, terorganisir, dan bertanggung jawab dalam mengelola proyek.
  6. Menyadari pentingnya komunikasi yang baik dan etika dalam manajemen proyek.
  

 

3. Tujuan Mata Pelajaran Pemberdayaan 

Tujuan Pembelajaran berikut adalah untuk mata pelajaran Pemberdayaan dengan mengusung 2 tema besar yaitu: 1) Kewirausahaan dan 2) Public Speaking untuk setiap kelas dan semester di program Paket C setara SMA:

Kelas /
Semester
Tujuan Pembelajaran

Kelas X / Semester 1

1. Memahami konsep dasar kewirausahaan dan pentingnya kreativitas dalam menciptakan peluang usaha.

2. Mengidentifikasi potensi diri dan mengembangkan keterampilan public speaking untuk berkomunikasi dengan percaya diri.

3. Menerapkan teknik dasar penulisan rencana bisnis sederhana sebagai langkah awal dalam memahami proses bisnis.

4. Melatih keterampilan berbicara di depan umum melalui simulasi presentasi dan diskusi kelompok.

5. Mempelajari strategi dasar pemasaran dan promosi untuk mengenalkan produk atau jasa kepada pasar target.

6. Memahami pentingnya etika dan integritas dalam kewirausahaan serta konsekuensi dari tindakan yang tidak etis.

Kelas X / Semester 2

1. Mengembangkan rencana bisnis yang lebih komprehensif dengan mempertimbangkan analisis SWOT dan perencanaan keuangan dasar.

2. Menyempurnakan keterampilan public speaking melalui presentasi proyek kewirausahaan yang lebih terstruktur dan terarah.

3. Menerapkan prinsip-prinsip manajemen waktu dan prioritas dalam merancang jadwal kegiatan bisnis dan akademis.

4. Memahami konsep dasar manajemen risiko dan strategi mitigasi dalam konteks bisnis kecil atau usaha mandiri.

5. Mengidentifikasi peluang kolaborasi dan kemitraan dalam konteks pengembangan usaha dan networking.

6. Mengevaluasi keberhasilan rencana bisnis yang telah dilaksanakan dan merumuskan langkah-langkah perbaikan dan pengembangan selanjutnya.

Kelas XI / Semester 1

1. Menganalisis pasar dan mengidentifikasi target pasar untuk produk atau jasa yang akan dikembangkan.

2. Menguasai teknik persuasif dalam public speaking untuk mempengaruhi pendapat dan sikap audiens.

3. Memahami konsep dasar manajemen keuangan untuk memantau arus kas dan mengelola keuangan bisnis secara efektif.

4. Mengembangkan keterampilan interpersonal dalam membangun hubungan profesional dan jaringan bisnis.

5. Memahami pentingnya inovasi dalam kewirausahaan dan strategi untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang dapat diterapkan.

6. Menerapkan teknologi informasi dalam operasional bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Kelas XI / Semester 2

1. Menyusun strategi pemasaran yang efektif berdasarkan analisis pasar dan profil target pasar.

2. Meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum dengan memperdalam pemahaman tentang struktur presentasi dan penggunaan bahasa tubuh yang efektif.

3. Merancang program promosi dan kampanye branding untuk meningkatkan kesadaran dan citra merek.

4. Mengembangkan keterampilan negosiasi dan penyelesaian konflik dalam berbagai situasi bisnis dan sosial.

5. Menilai dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan bisnis dan merumuskan strategi tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

6. Mempersiapkan laporan evaluasi bisnis yang menyeluruh dan menyusun rencana pengembangan bisnis jangka panjang.

Kelas XII / Semester 1

1. Mengimplementasikan rencana bisnis kewirausahaan secara nyata dengan memulai usaha kecil-kecilan atau proyek kreatif.

2. Mempraktekkan kemampuan public speaking dalam situasi yang lebih formal seperti seminar atau kompetisi.

3. Menyusun strategi pengembangan dan diversifikasi produk atau layanan berdasarkan analisis pasar dan tren industri.

4. Mengembangkan keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim dan mengkoordinasikan sumber daya untuk mencapai tujuan bisnis.

5. Menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam operasional bisnis dan pengembangan produk untuk mendukung lingkungan dan masyarakat.

6. Merencanakan strategi ekspansi bisnis dan penetrasi pasar untuk pertumbuhan dan keberlanjutan jangka panjang.

Kelas XII / Semester 2

1. Mengevaluasi kinerja bisnis yang telah dibangun dan merumuskan strategi pengembangan berkelanjutan.

2. Menyempurnakan keterampilan public speaking melalui umpan balik dan refleksi atas pengalaman berbicara di depan umum.

3. Merancang program promosi dan kampanye branding untuk meningkatkan kesadaran dan citra merek.

4. Mengidentifikasi peluang investasi dan strategi pengelolaan keuangan untuk mengoptimalkan pertumbuhan bisnis.

5. Membangun kemitraan strategis dengan pemangku kepentingan dan pihak terkait untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

6. Menyusun laporan akhir yang mencerminkan perjalanan pembelajaran dan pencapaian dalam mata pelajaran Pemberdayaan.


4. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Berikut adalah tabel tujuan pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti:

Kelas / SemesterTujuan Pembelajaran

Kelas X / Semester 1

1. Memahami konsep dasar aqidah Islam dan praktik ibadah dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menginternalisasi nilai-nilai etika dan moral dalam Islam untuk diterapkan dalam interaksi sosial dan kehidupan sehari-hari.
3. Mempelajari kisah-kisah teladan dari kehidupan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat untuk dijadikan contoh dalam perilaku sehari-hari.
4. Mengembangkan sikap saling menghormati dan toleransi terhadap perbedaan agama dan kepercayaan.
5. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis dalam menafsirkan ajaran Islam dan menerapkan dalam konteks kehidupan modern.
6. Mempraktekkan adab-adab dalam beribadah, seperti tata cara shalat, puasa, dan zakat, dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan.

Kelas X / Semester 2

1. Mendalami pemahaman tentang akhlak dan adab dalam Islam sebagai landasan moral dalam berinteraksi dengan sesama manusia.
2. Memperkaya pengetahuan tentang sejarah perkembangan Islam dan peran ulama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.
3. Mengamalkan sikap jujur, amanah, dan bertanggung jawab dalam segala aspek kehidupan.
4. Menghargai keragaman budaya dan pemikiran serta menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dalam keberagaman.
5. Meningkatkan kepekaan sosial dan empati terhadap sesama manusia, terutama mereka yang membutuhkan.
6. Membangun kebiasaan berzikir dan berdoa sebagai wujud ketaatan dan keterhubungan spiritual dengan Allah SWT.

Kelas XI / Semester 1

1. Memahami konsep tauhid dan implikasinya dalam menjalani kehidupan sebagai seorang Muslim.
2. Menerapkan nilai-nilai kesabaran, keikhlasan, dan keteguhan hati dalam menghadapi cobaan dan tantangan kehidupan.
3. Meneladani karakter para tokoh dalam sejarah Islam yang menunjukkan keteladanan dalam berbagai aspek kehidupan.
4. Mengembangkan sikap kerja keras, disiplin, dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugas keseharian.
5. Meningkatkan pemahaman tentang kewajiban sosial dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari ajaran Islam.
6. Membangun sikap syukur dan optimisme dalam menghadapi segala situasi dan kondisi kehidupan.

Kelas XI / Semester 2

1. Mendalami kaidah-kaidah akhlak mulia dalam Islam dan mengamalkannya dalam berinteraksi dengan sesama.
2. Menguasai konsep keadilan, toleransi, dan perdamaian dalam Islam serta menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat.
3. Meneliti kisah-kisah inspiratif para ulama dan tokoh Islam yang memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan umat manusia.
4. Menginternalisasi nilai-nilai integritas dan kejujuran dalam segala aspek kehidupan pribadi dan sosial.
5. Mengembangkan kemampuan berempati dan merespons kebutuhan sosial serta berkontribusi dalam upaya penanggulangan masalah sosial.
6. Meningkatkan kecintaan terhadap al-Qur'an dan Hadis sebagai sumber inspirasi dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Kelas XII / Semester 1

1. Menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan Islami dalam berbagai situasi dan konteks kehidupan.
2. Membangun sikap rendah hati dan menghargai keberagaman pandangan serta keyakinan dalam berinteraksi dengan sesama manusia.
3. Memahami dan mengamalkan konsep berbagi rezeki dan membantu sesama sebagai bagian dari ibadah sosial dalam Islam.
4. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat sebagai wujud kepedulian terhadap kesejahteraan bersama.
5. Menguasai teknik refleksi diri dan introspeksi dalam mengevaluasi dan memperbaiki diri menuju kesempurnaan akhlakul karimah.
6. Mengaktualisasikan nilai-nilai keberanian, keteguhan hati, dan komitmen dalam menghadapi tantangan dan perubahan kehidupan.

Kelas XII / Semester 2

1. Merumuskan visi dan misi kehidupan yang berdasarkan pada prinsip-prinsip Islam dan nilai-nilai luhur budi pekerti.
2. Menyusun rencana tindakan dan strategi implementasi nilai-nilai moral dan etika Islam dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menginspirasi dan menjadi teladan bagi orang lain dalam menerapkan nilai-nilai kebaikan dan kebenaran dalam setiap perilaku.
4. Membangun keterampilan berdialog dan berdiskusi yang santun dan produktif dalam menyelesaikan konflik dan perbedaan pendapat.
5. Menginternalisasi konsep kesyukuran dan keikhlasan dalam setiap nikmat dan ujian yang diberikan oleh Allah SWT.
6. Menyempurnakan diri sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan umat manusia.

Dalam tabel ini, tujuan pembelajaran untuk setiap kelas dan semester diuraikan sesuai dengan tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam kurikulum 2013 untuk Peserta Didik Paket C. Untuk Pendidikan Agama lain, menunggu update.


5. Tujuan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Paket C

Daftar berikut adalah tabel Tujuan Pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn ) Untuk Paket C setara SMA:

Kelas / SemesterTujuan Pembelajaran

Kelas X / Semester 1

1. Memahami konsep dasar tentang negara, kedaulatan, dan sistem pemerintahan Indonesia dalam kerangka Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
2. Mempelajari sejarah perkembangan bangsa Indonesia dan menghargai perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.
3. Menyadari hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia serta pentingnya partisipasi dalam kehidupan demokrasi.
4. Menghargai keberagaman budaya, agama, suku, dan bahasa sebagai sumber kekuatan dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa.
5. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dan kelestarian sumber daya alam bagi keberlanjutan hidup manusia.
6. Mengembangkan sikap bertanggung jawab dan peduli terhadap masalah-masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar.

Kelas X / Semester 2

1. Memahami prinsip-prinsip demokrasi dan nilai-nilai keadilan dalam sistem hukum dan kebijakan pemerintah Indonesia.
2. Menganalisis peran serta masyarakat dalam pembangunan dan pengambilan keputusan yang berdampak pada kehidupan bermasyarakat.
3. Mempelajari hak asasi manusia (HAM) sebagai landasan utama dalam menjaga martabat dan kebebasan individu dalam masyarakat.
4. Menghargai peran media massa dan teknologi informasi dalam menyampaikan informasi dan membentuk opini publik.
5. Membangun kemampuan berpikir kritis dan analitis dalam menyusun argumen dan mengambil sikap terhadap isu-isu kontemporer.
6. Mengenal berbagai organisasi kemasyarakatan dan kegiatan sosial yang dapat diikuti untuk berkontribusi dalam pembangunan masyarakat.

Kelas XI / Semester 1

1. Mempahami sistem politik dan pelaksanaan pemerintahan di Indonesia serta peran lembaga-lembaga negara dalam menjalankan fungsi dan tugasnya.
2. Menganalisis isu-isu politik dan sosial yang sedang berkembang di masyarakat serta dampaknya terhadap stabilitas dan pembangunan negara.
3. Memahami prinsip-prinsip ekonomi dan kebijakan pembangunan ekonomi dalam mencapai kesejahteraan masyarakat.
4. Mengenal berbagai jenis konflik sosial dan cara penyelesaiannya secara damai dan beradab.
5. Membangun sikap toleransi, menghargai perbedaan, dan menumbuhkan semangat persatuan dalam kehidupan bermasyarakat.
6. Mengapresiasi peran generasi muda dalam pembangunan dan mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan kewarganegaraan.

Kelas XI / Semester 2

1. Mempelajari perkembangan globalisasi dan implikasinya terhadap ekonomi, budaya, dan politik Indonesia.
2. Menganalisis peran Indonesia dalam hubungan internasional serta kontribusinya dalam perdamaian dan kestabilan kawasan.
3. Menyadari pentingnya perlindungan lingkungan hidup dan peran individu dalam menjaga kelestariannya di era globalisasi.
4. Mempertajam kemampuan berpikir kritis dan analitis dalam menafsirkan informasi dari berbagai sumber media.
5. Membangun komitmen untuk mengatasi tantangan-tantangan global seperti perubahan iklim, kemiskinan, dan konflik bersenjata.
6. Mendorong partisipasi dalam kegiatan advokasi dan advokasi untuk membela hak-hak masyarakat yang terpinggirkan dan rentan.

Kelas XII / Semester 1

1. Mempelajari prinsip-prinsip dasar hak dan kewajiban warga negara serta pentingnya menjalankan tanggung jawab sosial dan politik.
2. Menganalisis dinamika politik dan perubahan kebijakan pemerintah dalam menanggapi tuntutan dan aspirasi masyarakat.
3. Menyusun proyek sosial atau kampanye kewarganegaraan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat.
4. Mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan manajemen dalam mengorganisir kegiatan-kegiatan kewarganegaraan di lingkungan sekolah atau rumah dan lingkungan setkitar rumah.
5. Membangun kritisitas dan kepekaan terhadap isu-isu politik, ekonomi, sosial, dan lingkungan untuk mengambil sikap yang bertanggung jawab.
6. Menciptakan karya atau produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sebagai wujud nyata kepedulian dan kontribusi positif.

Kelas XII / Semester 2

1. Mengevaluasi pelaksanaan demokrasi dan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia serta memberikan saran perbaikan.
2. Mengidentifikasi peran individu dan kelompok dalam membangun masyarakat yang inklusif, berkeadilan, dan berdaya saing global.
3. Menyusun rencana aksi atau program kegiatan yang berkelanjutan untuk mengatasi masalah-masalah sosial dan lingkungan di lingkungan sekolah.
4. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berargumentasi secara efektif dalam diskusi dan debat mengenai isu-isu kewarganegaraan.
5. Mendorong partisipasi dalam kegiatan pemilihan umum dan proses demokratis lainnya sebagai bentuk tanggung jawab kewarganegaraan.
6. Menyusun laporan akhir yang mencerminkan perjalanan pembelajaran dan kontribusi dalam membangun kesadaran kewarganegaraan yang tinggi.


6. Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia 

Berikut adalah tabel tujuan pembelajaran untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia:

Kelas / SemesterTujuan Pembelajaran

Kelas X / Semester 1

1. Menguasai kaidah-kaidah tata bahasa dan ejaan dalam penulisan teks bahasa Indonesia secara benar dan sesuai dengan konteks penggunaannya.
2. Memahami dan menginterpretasikan berbagai jenis teks sastra dan non-sastra dalam bahasa Indonesia dengan pemahaman yang mendalam.
3. Mengembangkan kemampuan menulis teks narasi, deskripsi, dan eksposisi dengan menggunakan ragam bahasa yang baku dan sesuai kaidah.
4. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis melalui pembacaan dan pembahasan teks-teks klasik dan kontemporer dalam bahasa Indonesia.
5. Mengapresiasi kekayaan budaya dan nilai-nilai luhur dalam karya sastra Indonesia serta mampu menyampaikan pandangan pribadi terhadapnya.
6. Membangun kemampuan berkomunikasi efektif dalam berbagai situasi komunikasi lisan dan tulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Kelas X / Semester 2

1. Menguasai teknik-teknik pembacaan dan pemahaman teks bahasa Indonesia yang kompleks, termasuk teks ilmiah dan akademik.
2. Menggunakan berbagai sumber informasi dan referensi dalam menulis teks argumentasi dan persuasi dengan argumen yang kuat dan berbobot.
3. Menyusun karya tulis ilmiah sederhana dengan menggunakan metode penelitian yang tepat dan menyajikan informasi secara sistematis.
4. Mengembangkan kemampuan berdiskusi dan berdebat dengan argumen yang jelas dan terstruktur dalam konteks berbagai isu sosial dan budaya.
5. Mempertajam kemampuan menyampaikan ide dan pendapat secara lisan dan tertulis dengan gaya bahasa yang variatif dan menarik.
6. Menerapkan prinsip-prinsip etika dalam menggunakan bahasa dan komunikasi dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Kelas XI / Semester 1

1. Menafsirkan dan menganalisis makna dalam berbagai teks sastra dan non-sastra dengan memperhatikan struktur dan bahasa yang digunakan.
2. Menulis teks prosedur kompleks dan teks eksplanasi dengan menggunakan bahasa yang lugas dan padat serta memahami tujuan komunikatifnya.
3. Membangun keterampilan berpikir reflektif dan kreatif melalui penulisan esai naratif dan reflektif tentang pengalaman dan pemikiran pribadi.
4. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyusunan dan penyajian karya tulis bahasa Indonesia secara efektif dan efisien.
5. Mempromosikan apresiasi terhadap keberagaman budaya Indonesia melalui pembacaan dan analisis karya sastra dari berbagai daerah.
6. Mengembangkan keterampilan berpresentasi secara lisan dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan pengucapan dan intonasi yang jelas.

Kelas XI / Semester 2

1. Menganalisis dan mengevaluasi teks argumentatif dan opini dalam media massa serta menyusun tanggapan atau respon yang kritis dan berimbang.
2. Mengembangkan kemampuan menulis teks ulasan dan resensi karya sastra atau karya seni dengan mendalam dan berdasarkan analisis yang kritis.
3. Menyusun karya tulis ilmiah yang lebih kompleks dan mendalam dengan memanfaatkan sumber-sumber informasi yang terpercaya dan relevan.
4. Membangun keterampilan berargumentasi dan membela pendapat dengan menggunakan bukti dan data yang valid dan terverifikasi.
5. Meningkatkan kemampuan memahami dan merespon teks dengan berbagai sudut pandang dan mengeksplorasi implikasi dan konsekuensinya.
6. Mengasah kemampuan berkomunikasi interpersonal dan kolaboratif dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Kelas XII / Semester 1

1. Menerapkan kemampuan analisis dan sintesis dalam menginterpretasikan dan menyusun teks literer maupun non-literer secara komprehensif.
2. Menghasilkan karya tulis kreatif dan orisinal dalam berbagai genre sastra dan non-sastra dengan memperhatikan keindahan bahasa dan penyampaian.
3. Menyusun naskah pidato atau presentasi yang persuasif dan menginspirasi dengan memperhatikan struktur dan kejelasan argumen.
4. Mengembangkan keterampilan mengelola dan memanfaatkan informasi serta data secara efektif dan efisien dalam karya tulis akademik.
5. Meningkatkan kepekaan terhadap nilai-nilai budaya, sosial, dan humaniora dalam menafsirkan dan mengapresiasi karya sastra dan budaya.
6. Memperdalam pemahaman tentang kearifan lokal dan budaya Indonesia serta menggali potensi-potensi kreatif dan inovatif dalam masyarakat.

Kelas XII / Semester 2

1. Mengevaluasi dan merefleksikan kembali perkembangan dan pencapaian kemampuan berbahasa dan berkomunikasi selama masa pembelajaran.
2. Menyusun portofolio karya tulis yang mencerminkan keberagaman genre, gaya, dan kualitas tulisan dalam bahasa Indonesia.
3. Melakukan praktikum atau simulasi berbagai situasi komunikasi interpersonal dan profesional dengan menggunakan bahasa Indonesia.
4. Mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian atau evaluasi akhir dengan memperhatikan strategi belajar yang efektif dan efisien.
5. Menyusun rencana pengembangan diri dalam kemampuan berbahasa dan berkomunikasi untuk penggunaan di masa depan, baik akademis maupun profesional.
6. Merumuskan komitmen untuk terus meningkatkan dan mengaplikasikan kemampuan berbahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dan karir di masa mendatang.


7. Tujuan Mata Pelajaran Matematika Paket C atau SMA

Berikut adalah tabel tujuan pembelajaran untuk mata pelajaran Matematika:

Kelas / SemesterTujuan Pembelajaran

Kelas X / Semester 1

1. Menguasai konsep dasar aritmatika dan aljabar dalam penyelesaian masalah matematika sederhana, termasuk operasi bilangan bulat dan pecahan.
2. Mengaplikasikan konsep geometri dasar dalam memecahkan masalah kehidupan sehari-hari, seperti menghitung luas, keliling, dan volume bangun ruang.
3. Memahami konsep statistika sederhana dan mampu menganalisis data dalam bentuk tabel dan diagram sederhana.
4. Mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir logis melalui penerapan konsep-konsep matematika dalam berbagai konteks.
5. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi matematis dengan jelas dan terstruktur dalam menjelaskan proses penyelesaian masalah.
6. Membangun kepercayaan diri dalam mempelajari matematika dan mengembangkan sikap pantang menyerah dalam menghadapi tantangan matematika.

Kelas X / Semester 2

1. Menyelesaikan masalah matematika yang lebih kompleks melalui penerapan konsep dan teknik perhitungan dalam aljabar, geometri, dan statistika.
2. Menerapkan pengetahuan tentang fungsi linear dan kuadrat dalam memodelkan dan menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari.
3. Menggunakan teknologi informasi dalam membantu proses pemecahan masalah matematika, seperti penggunaan kalkulator grafik dan perangkat lunak.
4. Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif dalam merancang strategi penyelesaian masalah matematika yang kompleks.
5. Meningkatkan keterampilan berkomunikasi matematis dalam membahas solusi dan pemahaman konsep matematika dengan orang lain.
6. Membiasakan diri dengan pola pikir matematis yang sistematis dan logis dalam menyelesaikan masalah di berbagai bidang kehidupan.

Kelas XI / Semester 1

1. Memahami konsep dasar trigonometri dan mampu mengaplikasikannya dalam memecahkan masalah trigonometri dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2. Menguasai konsep fungsi dan grafik fungsi serta mampu menerapkan konsep tersebut dalam memodelkan dan menyelesaikan masalah matematika.
3. Mengenal berbagai teknik pengukuran dan pembuktian dalam geometri dan mampu menggunakannya dalam menyelesaikan masalah geometri yang kompleks.
4. Mampu menginterpretasikan dan menganalisis data statistik yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik statistik yang beragam.
5. Mengembangkan kemampuan berpikir analitis dan sistematis dalam merumuskan strategi penyelesaian masalah matematika yang kompleks.
6. Mempertajam keterampilan berkomunikasi matematis dalam menyampaikan gagasan, penalaran, dan solusi secara efektif dan persuasif.

Kelas XI / Semester 2

1. Menyelesaikan masalah trigonometri yang lebih kompleks dan memahami aplikasinya dalam berbagai bidang, seperti teknik, fisika, dan navigasi.
2. Menerapkan konsep turunan dan integral dalam memecahkan masalah matematika yang melibatkan fungsi-fungsi kompleks.
3. Memahami konsep ruang vektor dan mampu menerapkannya dalam memodelkan dan menyelesaikan masalah matematika yang melibatkan vektor.
4. Menggunakan teknologi komputer dan perangkat lunak matematika untuk mendukung pemecahan masalah matematika yang lebih kompleks.
5. Meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan kritis dalam menganalisis masalah matematika dengan menggunakan pendekatan logis dan sistematis.
6. Mengasah kemampuan berkolaborasi dan berdiskusi dalam menyelesaikan masalah matematika dengan orang lain melalui proses tanya jawab dan diskusi.

Kelas XII / Semester 1

1. Memahami konsep dasar aljabar linier dan mampu menerapkannya dalam memecahkan masalah sistem persamaan linear dan matriks.
2. Mengembangkan pemahaman tentang konsep ruang dan dimensi serta mampu menggunakannya dalam memecahkan masalah geometri dalam dimensi yang lebih tinggi.
3. Mampu menginterpretasikan dan menganalisis data statistik dalam konteks penelitian atau survei yang lebih kompleks.
4. Menerapkan berbagai teknik pemodelan matematika dalam merancang dan menganalisis model matematika untuk memprediksi fenomena alam atau sosial.
5. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan inovatif dalam merancang strategi penyelesaian masalah matematika yang belum terstandardisasi.
6. Mengembangkan keterampilan berkomunikasi matematis dalam menyampaikan hasil penelitian atau pemecahan masalah secara sistematis dan akurat.

Kelas XII / Semester 2

1. Menguasai konsep dan teknik kalkulus dalam memecahkan berbagai masalah matematika yang melibatkan turunan, integral, dan diferensial.
2. Mampu menerapkan konsep probabilitas dan statistika dalam menganalisis data dan merumuskan keputusan yang berdasarkan pada data yang tersedia.
3. Memahami konsep dasar matematika diskrit dan mampu menerapkannya dalam merancang dan menganalisis algoritma dan struktur data.
4. Mengembangkan kemampuan pemikiran abstrak dan analisis dalam menyelesaikan masalah matematika yang kompleks dan belum terstandardisasi.
5. Meningkatkan keterampilan berpikir sistematis dan logis dalam merumuskan argumen matematis dan menyajikan bukti secara formal.
6. Menyusun dan menyajikan hasil penelitian matematika atau pemecahan masalah secara tertulis dan lisan dengan menggunakan bahasa yang jelas dan tepat.

8. Mata Pelajaran Sejarah Indonesia

Berikut adalah tabel tujuan pembelajaran untuk mata pelajaran Sejarah Indonesia:

Kelas / SemesterTujuan Pembelajaran
Kelas X / Semester 11. Memahami kronologi sejarah Indonesia mulai dari prasejarah hingga periode Hindu-Buddha dan mampu menjelaskan perkembangan masyarakat dan kebudayaan pada masa itu.
2. Menganalisis dampak masuknya agama Hindu dan Buddha serta pembentukan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia.
3. Menyusun narasi sejarah tentang proses penyebaran agama Islam di Indonesia dan perkembangan kerajaan-kerajaan Islam pada masa itu.
4. Memahami peranan dan kontribusi kolonialisme dalam perubahan sosial, politik, dan ekonomi di Indonesia serta reaksi masyarakat terhadapnya.
5. Menganalisis perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan kolonial dan memahami nilai-nilai kepahlawanan nasional.
6. Mengembangkan sikap kritis terhadap sumber sejarah dan mampu menyusun argumen berdasarkan pemahaman sejarah yang mendalam.
Kelas X / Semester 21. Menguasai pengetahuan tentang perjalanan sejarah Indonesia pada masa kolonial Belanda dan faktor-faktor yang mempengaruhi perlawanan rakyat Indonesia.
2. Memahami konsekuensi politik, ekonomi, dan sosial dari masa kolonial Belanda terhadap bangsa Indonesia serta upaya perlawanan dan pergerakan nasional yang muncul.
3. Menyusun narasi sejarah tentang perkembangan politik Indonesia pada masa awal kemerdekaan, termasuk pembentukan negara dan proses pembangunan bangsa.
4. Menganalisis konflik dan tantangan yang dihadapi Indonesia dalam membangun negara dan mempertahankan kedaulatannya pada masa awal kemerdekaan.
5. Memahami peranan dan kontribusi tokoh-tokoh nasional dalam perjalanan sejarah Indonesia serta nilai-nilai yang dijunjung dalam perjuangan kemerdekaan.
6. Mengembangkan keterampilan dalam membaca, menafsirkan, dan menyajikan informasi dari berbagai sumber sejarah dengan menggunakan pendekatan kritis dan analitis.
Kelas XI / Semester 11. Menyelidiki dan menganalisis perkembangan politik, ekonomi, dan sosial Indonesia pada masa Orde Baru dan mengidentifikasi dampaknya terhadap masyarakat.
2. Memahami konteks global dan regional yang mempengaruhi kebijakan politik dan ekonomi Indonesia pada masa Orde Baru serta peran Indonesia dalam hubungan internasional.
3. Menyusun narasi sejarah tentang perubahan politik dan sosial Indonesia pada masa Reformasi serta perkembangan demokrasi dan hak asasi manusia.
4. Menganalisis dinamika perubahan politik dan konflik di Indonesia pasca-Reformasi serta upaya rekonsiliasi dan rekonsiliasi nasional yang dilakukan.
5. Memahami peran dan kontribusi masyarakat sipil, media, dan organisasi non-pemerintah dalam memperjuangkan demokrasi dan reformasi di Indonesia.
6. Mengembangkan keterampilan analisis kritis terhadap sumber-sumber sejarah kontemporer dan mampu menyampaikan argumen yang didukung bukti-bukti sejarah.
Kelas XI / Semester 21. Menganalisis dampak globalisasi terhadap kehidupan politik, ekonomi, dan sosial di Indonesia serta upaya penyesuaian dan respon masyarakat terhadapnya.
2. Memahami peran dan pengaruh Indonesia dalam komunitas internasional serta tantangan dan peluang yang dihadapi sebagai negara berkembang.
3. Menyusun narasi sejarah tentang dinamika politik dan ekonomi Indonesia dalam konteks globalisasi serta peran Indonesia dalam pembangunan regional dan internasional.
4. Menganalisis dampak kebijakan pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia terhadap kehidupan masyarakat serta tantangan pembangunan berkelanjutan di masa depan.
5. Memahami peran dan kontribusi Indonesia dalam isu-isu global, seperti perdamaian dan keamanan internasional, pengelolaan lingkungan, dan pembangunan global.
6. Mengembangkan keterampilan penelitian sejarah dengan menggunakan pendekatan interdisipliner dan sumber-sumber sejarah primer dan sekunder yang beragam.
Kelas XII / Semester 11. Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi Indonesia pada masa kontemporer, termasuk dinamika perubahan kebijakan dan struktur sosial.
2. Memahami peran dan kontribusi Indonesia dalam menghadapi tantangan global, seperti perubahan iklim, perdagangan internasional, dan konflik regional.
3. Menyusun narasi sejarah tentang dinamika politik Indonesia pada masa kontemporer, termasuk pemilihan umum, perubahan pemerintahan, dan reformasi kelembagaan.
4. Menganalisis konflik sosial dan politik di Indonesia pada masa kontemporer serta upaya rekonsiliasi dan penyelesaian konflik yang dilakukan.
5. Memahami kompleksitas masalah keamanan nasional dan regional di Indonesia serta upaya penanggulangan terorisme, narkotika, dan kejahatan transnasional.
6. Mengembangkan keterampilan pemahaman, analisis, dan sintesis terhadap berbagai perspektif sejarah dan mampu merumuskan pandangan kritis tentang masa depan Indonesia.
Kelas XII / Semester 21. Menganalisis perubahan dan transformasi politik, ekonomi, dan sosial di Indonesia dalam konteks globalisasi dan integrasi regional yang semakin kompleks.
2. Memahami dinamika hubungan antara Indonesia dengan negara-negara tetangga serta implikasi geopolitik dan geostrategisnya terhadap keamanan dan stabilitas regional.
3. Menyusun narasi sejarah tentang perkembangan politik dan ekonomi Indonesia pada era globalisasi dan digitalisasi serta tantangan dan peluang yang dihadapi.
4. Menganalisis dampak revolusi industri 4.0 terhadap struktur ekonomi dan masyarakat Indonesia serta upaya adaptasi dan inovasi dalam menghadapi perubahan tersebut.
5. Memahami dinamika perubahan budaya dan identitas nasional Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi dan multikulturalisme yang semakin kompleks.
6. Mengembangkan keterampilan sintesis dan evaluasi terhadap berbagai perspektif sejarah kontemporer dan mampu merumuskan rekomendasi kebijakan untuk masa depan Indonesia.


9. Bahasa Inggris Paket C

Berikut adalah tabel tujuan pembelajaran untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kontekstual:

Kelas / SemesterTujuan Pembelajaran
Kelas X / Semester 11. Menguasai kosakata dasar dan struktur kalimat sederhana dalam konteks percakapan sehari-hari seperti berkenalan, berbicara tentang keluarga, dan hobi.
2. Memahami dan mengaplikasikan pola tata bahasa dasar seperti tenses, articles, dan prepositions dalam penulisan dan percakapan sederhana.
3. Mengembangkan keterampilan mendengarkan dan berbicara dalam berbagai situasi komunikatif, seperti memesan makanan di restoran atau berbelanja.
4. Mampu menyusun teks naratif sederhana berdasarkan pengalaman pribadi atau topik-topik yang relevan dengan menggunakan bahasa Inggris.
5. Meningkatkan kemampuan membaca dan memahami teks sederhana, seperti pengumuman, iklan, atau surat pribadi, dalam bahasa Inggris.
6. Mempraktikkan penggunaan bahasa Inggris secara aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan kelas yang mendorong interaksi dan kolaborasi antar siswa.
Kelas X / Semester 21. Mengembangkan kemampuan berbicara dan mendengarkan dalam konteks situasi formal dan informal, seperti wawancara kerja atau presentasi di depan kelas.
2. Menerapkan pengetahuan tata bahasa yang lebih kompleks dalam penulisan teks deskriptif, eksposisi, dan argumentatif dengan gaya bahasa yang baku.
3. Menyusun teks tulisan yang lebih beragam dan lengkap, termasuk surat resmi, email, atau esai pendek, dengan menggunakan bahasa Inggris yang benar.
4. Memperluas keterampilan membaca dan memahami teks yang lebih kompleks, seperti artikel berita, editorial, atau teks akademik ringan dalam bahasa Inggris.
5. Mengasah kemampuan menyimak dan memahami percakapan atau presentasi dalam bahasa Inggris yang melibatkan berbagai topik dan konteks komunikasi.
6. Berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok atau proyek kolaboratif yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi dan berbagi ide menggunakan bahasa Inggris.
Kelas XI / Semester 11. Menguasai struktur kalimat yang lebih kompleks dan variasi tata bahasa dalam penulisan teks yang bersifat formal, seperti laporan atau proposal.
2. Memahami dan menerapkan teknik-teknik penulisan yang efektif dalam berbagai genre tulisan, termasuk kritik sastra, ulasan film, atau esai analitis.
3. Mengembangkan kemampuan membaca dan menganalisis teks yang lebih abstrak dan ilmiah, seperti artikel jurnal atau teks akademik dalam bahasa Inggris.
4. Mempraktikkan keterampilan mendengarkan dan berbicara dalam diskusi yang memerlukan analisis mendalam tentang isu-isu kontemporer atau kehidupan sehari-hari.
5. Berpartisipasi dalam simulasi situasi kehidupan nyata yang memerlukan penggunaan bahasa Inggris, seperti role play atau debat tentang isu-isu global.
6. Mempertajam kemampuan interaksi dan kolaborasi dalam konteks proyek tim yang melibatkan pemecahan masalah atau penyusunan rencana dalam bahasa Inggris.
Kelas XI / Semester 21. Menguasai teknik-teknik presentasi lisan yang efektif dalam berbagai konteks, termasuk presentasi akademik, pidato, atau laporan proyek.
2. Menerapkan pengetahuan tentang struktur teks argumentatif dan persuasif dalam menyusun tulisan yang dapat memengaruhi atau membujuk pembaca.
3. Memperdalam pemahaman tentang teknik membaca cepat dan efisien serta strategi untuk memahami teks yang kompleks dan padat informasi.
4. Mengembangkan kemampuan menyimak dan merespons berbagai genre teks lisan, seperti wawancara, diskusi panel, atau presentasi ilmiah dalam bahasa Inggris.
5. Berpartisipasi dalam kegiatan simulasi atau peran yang mensimulasikan situasi kehidupan profesional atau akademik di mana penggunaan bahasa Inggris dibutuhkan.
6. Mempertajam keterampilan berkomunikasi lintas budaya dalam berbagai konteks interkultural dan situasi yang melibatkan keragaman bahasa dan budaya.
Kelas XII / Semester 11. Menganalisis dan mengevaluasi teks lisan maupun tulisan yang kompleks secara kritis dan reflektif dalam konteks pembelajaran dan kehidupan sehari-hari.
2. Menerapkan keterampilan bahasa Inggris dalam konteks kegiatan akademik, seperti menyusun makalah ilmiah, presentasi, atau partisipasi dalam seminar.
3. Memperdalam pemahaman tentang penggunaan bahasa Inggris dalam berbagai situasi formal dan profesional, termasuk korespondensi resmi dan rapat bisnis.
4. Mengasah kemampuan berkomunikasi interpersonal dan presentasi dalam situasi yang menuntut kejelasan, ketepatan, dan persuasi dalam bahasa Inggris.
5. Berpartisipasi dalam kegiatan yang mempromosikan pengembangan diri dan keterampilan berbahasa Inggris, seperti seminar motivasi atau pelatihan kerja.
6. Mempersiapkan diri untuk menghadapi tes kemampuan bahasa Inggris, baik untuk keperluan pendidikan lanjutan, pekerjaan, atau kegiatan internasional.
Kelas XII / Semester 21. Menguasai teknik-teknik bahasa Inggris yang diperlukan dalam konteks kehidupan profesional, seperti resume writing, job interview, atau business correspondence.
2. Menerapkan keterampilan berbicara dan menulis yang lebih lanjut dalam menyampaikan ide-ide kompleks dan analisis yang mendalam dalam bahasa Inggris.
3. Memahami dan mengaplikasikan etika berkomunikasi dan kecakapan interkultural dalam interaksi lintas budaya dan global dengan menggunakan bahasa Inggris.
4. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis melalui pembacaan dan analisis teks-teks bahasa Inggris yang beragam dan kompleks.
5. Mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi dan pengetahuan.
6. Menjelajahi dan mengembangkan minat serta keterampilan berbahasa Inggris dalam konteks pribadi, profesional, dan akademik untuk pengembangan diri yang lebih baik.


8. Geografi Paket C Peminatan IIS

Berikut adalah tabel tujuan pembelajaran untuk mata pelajaran Geografi SMA / Paket C:

Kelas / SemesterTujuan Pembelajaran
Kelas X / Semester 11. Memahami konsep dasar geografi seperti lokasi, wilayah, interaksi manusia-lingkungan, dan distribusi fenomena geografis.
2. Mengidentifikasi dan menjelaskan karakteristik fisik bumi, termasuk struktur dan proses pembentukannya, seperti litosfer, atmosfer, dan hidrosfer.
3. Menganalisis pola distribusi dan interaksi manusia dengan lingkungannya, termasuk perubahan akibat aktivitas manusia seperti urbanisasi dan industrialisasi.
4. Memahami konsep dan proses pembentukan cuaca dan iklim serta dampaknya terhadap kehidupan manusia dan ekosistem.
5. Menguasai keterampilan menggunakan peta dan alat geospasial dalam memahami dan menjelaskan fenomena geografis di berbagai skala.
6. Mengembangkan pemahaman tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup dan keberlanjutan sumber daya alam bagi keberlangsungan hidup manusia.
Kelas X / Semester 21. Menganalisis faktor-faktor pembentukan dan karakteristik bentang alam Indonesia, termasuk pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan pesisir.
2. Memahami proses dan pola distribusi kependudukan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perpindahan penduduk di Indonesia.
3. Menjelaskan proses terbentuknya dan karakteristik ekosistem di Indonesia, serta dampak aktivitas manusia terhadap keberlangsungan ekosistem tersebut.
4. Menganalisis peran Indonesia dalam sistem tata air global dan pentingnya pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan.
5. Menggunakan peta tematik dan data spasial untuk mengidentifikasi pola distribusi dan hubungan antar fenomena geografis di Indonesia.
6. Membuat rencana tindakan konkret untuk pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam berdasarkan pemahaman geografis yang diperoleh.
Kelas XI / Semester 11. Menganalisis dinamika interaksi antara manusia dan lingkungan di berbagai konteks regional dan global, termasuk isu-isu lingkungan global.
2. Menjelaskan konsep dan dampak dari proses globalisasi terhadap perubahan ekonomi, sosial, dan budaya di berbagai belahan dunia.
3. Memahami pola distribusi dan karakteristik utama fenomena geografis seperti gempa bumi, letusan gunung api, dan badai tropis di dunia.
4. Menganalisis dampak perubahan iklim global terhadap ekosistem, kehidupan manusia, dan upaya mitigasi serta adaptasi yang dilakukan.
5. Menggunakan konsep dan teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) untuk analisis spasial dan pengambilan keputusan dalam konteks geografis.
6. Membangun kesadaran dan sikap peduli terhadap isu-isu lingkungan global serta berpartisipasi dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.
Kelas XI / Semester 21. Menganalisis pola distribusi dan karakteristik utama fenomena alam seperti tanah longsor, banjir, dan kekeringan di Indonesia.
2. Menjelaskan konsep dan proses terbentuknya danau, sungai, dan sistem drainase serta peranannya dalam pengelolaan air di Indonesia.
3. Memahami pola distribusi dan potensi sumber daya alam Indonesia, termasuk mineral, energi, dan keanekaragaman hayati, serta pengelolaannya.
4. Menganalisis dampak pembangunan terhadap lingkungan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat, serta alternatif pengelolaan yang berkelanjutan.
5. Menerapkan konsep keberlanjutan dalam perencanaan dan pengelolaan wilayah serta sumber daya alam di berbagai tingkatan, dari lokal hingga global.
6. Berpartisipasi dalam proyek penelitian atau tindakan nyata untuk pemetaan dan pemantauan lingkungan serta pengelolaan sumber daya alam di Indonesia.
Kelas XII / Semester 11. Menganalisis dinamika perubahan wilayah Indonesia akibat interaksi antara faktor fisik, ekonomi, sosial, politik, dan budaya di berbagai skala.
2. Menjelaskan peran dan fungsi pemerintah dalam pengelolaan wilayah dan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
3. Memahami konsep dan pentingnya pemetaan geografis dalam perencanaan dan pengelolaan sumber daya alam serta mitigasi risiko bencana di Indonesia.
4. Menganalisis pola distribusi dan potensi pemanfaatan energi terbarukan dan non-terbarukan serta dampaknya terhadap lingkungan dan ekonomi.
5. Menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam perencanaan penggunaan lahan, pembangunan perkotaan, dan pengelolaan ruang wilayah di Indonesia.
6. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif serta berkolaborasi dalam mencari solusi terhadap tantangan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
Kelas XII / Semester 21. Menganalisis peran dan potensi Indonesia dalam kerjasama regional dan global untuk pengelolaan sumber daya alam dan mitigasi perubahan iklim.
2. Menjelaskan konsep dan prinsip-prinsip ekowisata serta potensi pengembangannya sebagai alternatif pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
3. Memahami dinamika dan tantangan pembangunan wilayah di daerah perbatasan dan kepulauan serta strategi pengembangan yang berkelanjutan.
4. Menganalisis pola distribusi dan perubahan terkini dalam struktur ekonomi global serta dampaknya terhadap perekonomian dan kehidupan masyarakat Indonesia.
5. Menerapkan konsep dan teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) untuk analisis dan pemetaan kerentanan lingkungan serta mitigasi risiko bencana.
6. Berpartisipasi dalam proyek atau kegiatan nyata yang bertujuan untuk mempromosikan keberlanjutan pembangunan dan pengelolaan lingkungan di Indonesia.

9. Sejarah Peminatan Paket C/SMA

Berikut adalah tabel tujuan pembelajaran untuk mata pelajaran Sejarah Peminatan SMA:

Kelas / SemesterTujuan Pembelajaran
Kelas X / Semester 11. Memahami perkembangan peradaban dunia kuno seperti peradaban Mesir, Yunani, dan Romawi serta dampaknya terhadap perkembangan sosial dan budaya.
2. Menganalisis faktor-faktor penyebab kejatuhan peradaban kuno dan pola interaksi antar peradaban di dunia kuno.
3. Menyusun narasi sejarah tentang masa keemasan peradaban Islam, termasuk sumbangan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan arsitektur.
4. Memahami dampak perjalanan bangsa Eropa dalam penemuan dan ekspansi dunia serta interaksi dengan peradaban-peradaban di luar Eropa.
5. Menganalisis proses dan dampak Revolusi Industri terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Eropa dan dunia.
6. Mengembangkan keterampilan dalam menganalisis sumber-sumber sejarah dan menyusun argumentasi berdasarkan pemahaman historis yang mendalam.
Kelas X / Semester 21. Menguasai kronologi perkembangan peradaban Asia pada masa pra-kolonial, termasuk peradaban India, Tiongkok, dan Jepang.
2. Menjelaskan proses penjajahan dan kolonisasi Eropa di Asia serta dampaknya terhadap struktur sosial, politik, dan ekonomi masyarakat Asia.
3. Memahami peran dan kontribusi bangsa Asia dalam perjuangan melawan penjajahan serta pergerakan nasionalisme di Asia.
4. Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi dunia pada abad ke-20, termasuk peristiwa-peristiwa penting seperti Perang Dunia I dan II.
5. Menyusun narasi sejarah tentang proses dekolonisasi di Asia dan Afrika serta peran aktor-aktor utama dalam pembentukan negara-negara baru.
6. Mengembangkan keterampilan penelitian sejarah melalui penggunaan sumber-sumber primer dan sekunder serta analisis kritis terhadapnya.
Kelas XI / Semester 11. Menguasai pemahaman tentang ideologi dan perjuangan politik dalam perkembangan dunia pasca-Perang Dunia II, termasuk peran Blok Timur dan Barat.
2. Menganalisis dampak Perang Dingin terhadap konflik dan ketegangan politik di berbagai belahan dunia serta upaya de-eskalasi konflik.
3. Memahami dinamika perubahan sosial dan budaya pada era pasca-Perang Dunia II, termasuk perkembangan seni, musik, dan gerakan hak asasi manusia.
4. Menyusun narasi sejarah tentang proses globalisasi ekonomi dan perkembangan teknologi informasi dalam konteks perubahan sosial dan politik.
5. Menganalisis dinamika hubungan antara negara-negara di Asia Tenggara pasca-kemerdekaan serta tantangan dan peluang dalam pembangunan regional.
6. Mengembangkan keterampilan dalam menafsirkan dan memahami berbagai sudut pandang historis serta merumuskan pandangan kritis terhadapnya.
Kelas XI / Semester 21. Menguasai pemahaman tentang proses pembentukan dan perkembangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) serta perannya dalam menjaga perdamaian dunia.
2. Menjelaskan peran organisasi internasional lainnya seperti IMF, Bank Dunia, dan WTO dalam pembangunan ekonomi global dan isu-isu lingkungan.
3. Memahami peran dan kontribusi Indonesia dalam berbagai organisasi internasional serta kebijakan luar negeri Indonesia dalam konteks global.
4. Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi di Asia Tenggara pasca-Perang Dunia II serta peran ASEAN dalam integrasi regional dan perdamaian.
5. Menyusun narasi sejarah tentang dinamika konflik dan perdamaian di berbagai belahan dunia serta upaya-upaya diplomasi dalam menyelesaikan konflik.
6. Mengembangkan keterampilan dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi sumber-sumber sejarah yang relevan serta menyusun argumen berdasarkan analisis.
Kelas XII / Semester 11. Menguasai pemahaman tentang dinamika perubahan politik dan ekonomi di Indonesia pasca-kemerdekaan serta tantangan dan pencapaian dalam pembangunan.
2. Menjelaskan peran dan kontribusi tokoh-tokoh nasional dalam proses pembangunan dan perjuangan demokrasi di Indonesia.
3. Memahami konflik dan peristiwa penting dalam sejarah Indonesia modern seperti Gerakan 30 September, Reformasi, dan konflik di Timor Timur.
4. Menganalisis dinamika hubungan antara Indonesia dengan negara-negara tetangga serta implikasi geopolitik dan geostrategisnya terhadap keamanan regional.
5. Menyusun narasi sejarah tentang perkembangan politik dan ekonomi Indonesia pada era globalisasi dan digitalisasi serta tantangan dan peluang.
6. Mengembangkan keterampilan sintesis dan evaluasi terhadap berbagai perspektif sejarah kontemporer serta merumuskan rekomendasi kebijakan untuk masa depan.

10. Sosiologi Paket C / SMA


Berikut adalah tabel tujuan pembelajaran untuk mata pelajaran Sosiologi SMA / Paket C:

Kelas / SemesterTujuan Pembelajaran
Kelas X / Semester 11. Memahami konsep dasar sosiologi seperti struktur sosial, interaksi sosial, dan lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat.
2. Menganalisis pola-pola hubungan sosial dan dinamika dalam kelompok-kelompok sosial seperti keluarga, sekolah, dan komunitas lokal.
3. Menyusun penjelasan tentang peran dan fungsi sosialisasi dalam pembentukan identitas individu dan integrasi sosial dalam masyarakat.
4. Memahami konsep dan proses pembentukan stereotip, stigma, dan deviasi sosial serta dampaknya terhadap kehidupan individu dan masyarakat.
5. Menganalisis peran dan fungsi lembaga-lembaga sosial seperti agama, politik, dan ekonomi dalam membentuk struktur dan pola interaksi sosial.
6. Mengembangkan keterampilan dalam mengamati dan menganalisis fenomena sosial sehari-hari serta merumuskan pertanyaan-pertanyaan sosiologis.
Kelas X / Semester 21. Menguasai pemahaman tentang teori-teori sosiologi klasik seperti teori fungsionalisme, konflik, dan interaksionisme simbolik.
2. Menganalisis dinamika perubahan sosial dalam masyarakat modern, termasuk globalisasi, urbanisasi, dan perubahan budaya.
3. Menyusun penjelasan tentang struktur sosial dan stratifikasi sosial dalam masyarakat serta pengaruhnya terhadap kesempatan dan status sosial.
4. Memahami konsep dan proses sosialisasi sekunder serta peran media massa dan teknologi informasi dalam pembentukan identitas dan perilaku.
5. Menganalisis pola-pola interaksi sosial dan konflik dalam konteks kehidupan sehari-hari serta strategi penyelesaiannya.
6. Mengembangkan keterampilan dalam mengaplikasikan teori-teori sosiologi dalam menganalisis fenomena sosial dan merumuskan solusi yang tepat.
Kelas XI / Semester 11. Menguasai pemahaman tentang teori-teori sosiologi modern seperti teori pertukaran sosial, teori konstruksi sosial, dan teori fenomenologi.
2. Menganalisis struktur dan fungsi lembaga-lembaga sosial dalam masyarakat kontemporer serta peran mereka dalam menjaga stabilitas sosial.
3. Menyusun penjelasan tentang dinamika kelompok sosial dan pola-pola asosiasi dalam masyarakat urban dan global.
4. Memahami konsep dan proses pembentukan identitas sosial dalam konteks pluralisme dan multikulturalisme dalam masyarakat majemuk.
5. Menganalisis peran dan dampak globalisasi terhadap pola-pola interaksi sosial, nilai-nilai budaya, dan dinamika konflik dalam masyarakat.
6. Mengembangkan keterampilan dalam menganalisis data empiris dan melakukan penelitian sosiologis dengan menggunakan berbagai metode.
Kelas XI / Semester 21. Menguasai konsep dan teori tentang struktur sosial dan perubahan sosial dalam masyarakat kontemporer.
2. Menganalisis dinamika sosial politik dalam masyarakat dan negara, termasuk peran dan pengaruh kelompok kepentingan dan elit politik.
3. Menyusun penjelasan tentang pola-pola interaksi sosial dan konflik dalam konteks globalisasi dan integrasi regional.
4. Memahami konsep dan proses pembentukan identitas sosial dalam masyarakat multikultural serta peran budaya dalam pembentukan identitas.
5. Menganalisis peran dan fungsi lembaga-lembaga sosial dalam menjaga keseimbangan sosial dan penyelesaian konflik dalam masyarakat.
6. Mengembangkan keterampilan dalam merumuskan pertanyaan penelitian sosiologis dan merancang penelitian empiris berdasarkan teori-teori.
Kelas XII / Semester 11. Menguasai konsep dan teori tentang perubahan sosial dalam masyarakat modern dan dampaknya terhadap struktur sosial dan interaksi sosial.
2. Menganalisis dinamika sosial ekonomi dalam masyarakat dan peran lembaga-lembaga ekonomi dalam distribusi kekayaan dan kesempatan.
3. Menyusun penjelasan tentang peran dan fungsi lembaga-lembaga politik dalam proses pembangunan demokrasi dan partisipasi politik.
4. Memahami konsep dan proses pembentukan identitas sosial dalam masyarakat global dan tantangan dalam mempertahankan identitas lokal.
5. Menganalisis peran dan fungsi lembaga-lembaga sosial dalam menanggulangi masalah sosial seperti kemiskinan, ketimpangan, dan diskriminasi.
6. Mengembangkan keterampilan dalam melakukan analisis kritis terhadap teori-teori sosiologi dan merumuskan solusi dalam konteks nyata.
Kelas XII / Semester 21. Menguasai konsep dan teori tentang struktur dan perubahan sosial dalam masyarakat kontemporer, termasuk faktor-faktor globalisasi.
2. Menganalisis dinamika sosial budaya dalam masyarakat dan peran budaya dalam pembentukan identitas dan integrasi sosial.
3. Menyusun penjelasan tentang peran dan fungsi lembaga-lembaga sosial dalam menjaga stabilitas dan keharmonisan sosial.
4. Memahami konsep dan proses pembentukan identitas sosial dalam konteks pluralisme budaya dan multikulturalisme.
5. Menganalisis peran dan dampak media massa serta teknologi informasi dalam dinamika sosial masyarakat kontemporer.
6. Mengembangkan keterampilan dalam merancang dan melaksanakan penelitian sosiologis serta menganalisis data secara kritis dan objektif.

11. Mata Pelajaran Ekonomi Paket C setara SMA

Pembelajaran Ekonomi di Paket C Edukasi Jakarta dalam Kurikulum 2013 memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman siswa tentang ekonomi yang tidak hanya teoritis tetapi juga aplikatif. Kurikulum ini dirancang untuk menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi1.


Berikut adalah tujuan pembelajaran untuk mata pelajaran Ekonomi SMA berdasarkan silabus kurikulum 2013, disajikan dalam bentuk tabel:

Kelas/Semester 

X Semester 1

  1. Memahami konsep dasar ekonomi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mengidentifikasi masalah ekonomi dalam konteks lokal dan global.
  3. Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam perekonomian.
  4. Mengkaji sistem ekonomi Indonesia.
  5. Menilai dampak kebijakan ekonomi terhadap masyarakat.
  6. Mengembangkan sikap kritis terhadap isu-isu ekonomi.

X Semester 2

  1. Memahami prinsip ekonomi dalam konteks bisnis dan industri.
  2. Menganalisis struktur pasar dan perilaku konsumen.
  3. Mengkaji peran pemerintah dalam perekonomian.
  4. Menilai pengaruh globalisasi terhadap ekonomi nasional.
  5. Mengembangkan keterampilan berpikir analitis dalam ekonomi.
  6. Menyusun rencana bisnis sederhana.

XI Semester 1

  1. Memahami konsep mikroekonomi dan makroekonomi.
  2. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
  3. Mengkaji kebijakan moneter dan fiskal.
  4. Menilai peran lembaga keuangan dalam perekonomian.
  5. Mengembangkan pemahaman tentang ekonomi kerakyatan.
  6. Menyusun analisis SWOT untuk bisnis atau produk.

XI Semester 2

  1. Memahami prinsip-prinsip akuntansi jasa.
  2. Menganalisis transaksi keuangan dalam perusahaan jasa.
  3. Mengkaji laporan keuangan perusahaan jasa.
  4. Menilai kinerja keuangan perusahaan jasa.
  5. Mengembangkan keterampilan manajemen keuangan.
  6. Menyusun laporan keuangan sederhana untuk perusahaan jasa.

XII Semester 1

  1. Memahami prinsip-prinsip akuntansi perusahaan dagang.
  2. Menganalisis transaksi keuangan dalam perusahaan dagang.
  3. Mengkaji laporan keuangan perusahaan dagang.
  4. Menilai kinerja keuangan perusahaan dagang.
  5. Mengembangkan keterampilan manajemen persediaan.
  6. Menyusun laporan keuangan sederhana untuk perusahaan dagang.

XII Semester 2

  1. Memahami isu-isu ekonomi terkini.
  2. Menganalisis dampak kebijakan ekonomi terbaru.
  3. Mengkaji peran Indonesia dalam ekonomi global.
  4. Menilai keberlanjutan praktek bisnis.
  5. Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan solutif.
  6. enyusun proyek penelitian ekonomi ederhana.

Mata Pelajaran Peminatan MIA 

  1. Fisika 

Pembelajaran Fisika dalam Kurikulum 2013 dirancang untuk menghasilkan siswa yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif, dengan penekanan pada penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi1. Khusus untuk Paket C, pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan praktis sangat dianjurkan, dengan tujuan agar siswa dapat memahami dan menerapkan konsep-konsep Fisika dalam konteks nyata dan alam sekitar mereka2.

Berikut adalah tujuan pembelajaran kontekstual untuk mata pelajaran Fisika SMA sesuai dengan silabus kurikulum 2013, disajikan dalam bentuk tabel: 

 

Kelas/
Sem
TP1TP2TP 3TP 4TP 5TP 6
X /1Memahami konsep dasar Fisika dan penerapannya dalam fenomena alam.Mengidentifikasi dan menjelaskan fenomena fisik di lingkungan sekitar.Menerapkan metode ilmiah dalam investigasi sederhana.Mengembangkan keterampilan pengukuran dan pengamatan.Menjelaskan prinsip kerja alat-alat sederhana berdasarkan hukum Fisika.Menganalisis dampak teknologi terhadap lingkungan.
X /2Memahami prinsip kerja energi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.Menganalisis perubahan energi dalam sistem fisik di sekitar.Menyelidiki konsep gelombang dan penerapannya dalam teknologi.Mengkaji pengaruh gaya terhadap benda dan lingkungan.Menyusun laporan hasil eksperimen sederhana.Mengembangkan pemahaman tentang konsep momentum dan impuls.
XI /1Memahami konsep termodinamika dan penerapannya dalam kehidupan.Menganalisis perpindahan kalor dan penerapannya dalam teknologi.Menyelidiki prinsip kerja mesin-mesin termal.Mengkaji konsep listrik dan magnetisme serta penerapannya.Menyusun proyek sederhana yang berkaitan dengan Fisika.Mengembangkan keterampilan berpikir kritis melalui analisis fenomena fisik.
XI /2Memahami konsep optik dan penerapannya dalam teknologi.Menganalisis fenomena alam berdasarkan prinsip optik.Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan penerapannya.Mengkaji konsep fisika modern dan penerapannya.Menyusun proyek sederhana yang berkaitan dengan optik.Mengembangkan keterampilan berpikir analitis melalui eksperimen optik.
XII /1Memahami konsep fisika inti dan penerapannya dalam teknologi.Menganalisis fenomena fisika inti dalam konteks nyata.Menyelidiki prinsip kerja reaktor nuklir dan penerapannya.Mengkaji konsep fisika partikel dan penerapannya.Menyusun proyek sederhana yang berkaitan dengan fisika inti.Mengembangkan keterampilan berpikir kritis melalui analisis fenomena fisika inti.
XII /2Memahami konsep astrofisika dan penerapannya dalam penjelajahan antariksa.Menganalisis fenomena alam semesta berdasarkan prinsip astrofisika.Menyelidiki konsep gravitasi dan penerapannya dalam teknologi.Mengkaji konsep relativitas dan penerapannya.Menyusun proyek sederhana yang berkaitan dengan astrofisika.Mengembangkan keterampilan berpikir analitis melalui eksperimen astrofisika.

Untuk informasi yang lebih spesifik, silakan merujuk pada dokumen yang tersedia di emodul.kemdikbud.go.id345.
 


2. Kimia  

 Pembelajaran Kimia dalam Kurikulum 2013 dirancang untuk mempersiapkan siswa agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif1. Tujuan pembelajaran Kimia di SMA mencakup empat kompetensi inti: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan, yang dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler2.

Berikut adalah tujuan pembelajaran kontekstual untuk mata pelajaran Kimia SMA sesuai dengan silabus kurikulum 2013, disajikan dalam bentuk tabel:

Kls 
Sem
TP1TP 2TP 3TP 4TP 5TP 6
X /1Memahami metode ilmiah dan hakikat ilmu Kimia.Menjelaskan keselamatan dan keamanan di laboratorium.Menghayati peran Kimia dalam kehidupan.Menganalisis perkembangan model atom.Menjelaskan konfigurasi elektron dan golongan dalam tabel periodik.Mengkaji sifat-sifat periodik unsur.
X /2Memahami ikatan kimia dan struktur molekul.Menganalisis interaksi antarpartikel.Menjelaskan konsep larutan dan konsentrasi.Mengkaji reaksi kimia dan stoikiometri.Menyelidiki termokimia dan hukum-hukum termodinamika.Mengembangkan keterampilan praktikum dan penyajian data.
XI /1Memahami kinetika kimia dan kesetimbangan kimia.Menganalisis asam, basa, dan garam.Menjelaskan elektrokimia dan sel volta.Mengkaji hidrokarbon dan turunannya.Menyelidiki polimer dan biomolekul.Mengembangkan keterampilan analisis dan sintesis kimia.
XI /2Memahami sistem koloid dan sifat-sifatnya.Menganalisis sifat-sifat fisik dan kimia unsur.Menjelaskan konsep energi dan perubahannya.Mengkaji kimia lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam.Menyelidiki kimia dalam industri dan teknologi.Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
XII /1Memahami konsep kimia organik dan aplikasinya.Menganalisis reaksi-reaksi organik.Menjelaskan biokimia dan peranannya dalam sistem biologis.Mengkaji kimia analitik dan metode analisis.Menyelidiki kimia farmasi dan kesehatan.Mengembangkan keterampilan penelitian dan pengembangan produk.
XII /2Memahami nanokimia dan potensinya dalam teknologi.Menganalisis fenomena kimia dalam skala nano.Menjelaskan kimia material dan aplikasinya.Mengkaji peran kimia dalam energi terbarukan.Menyelidiki kimia dalam pertanian dan pangan.Mengembangkan keterampilan berinovasi dan berwirausaha dalam bidang kimia.

Catatan: Tujuan pembelajaran di atas adalah contoh yang disusun berdasarkan informasi umum tentang silabus kurikulum 2013 dan mungkin perlu disesuaikan lebih lanjut dengan silabus yang spesifik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau modul belajar yang relevan. Untuk materi yang lebih kontekstual dan praktis, khususnya untuk Paket C, silakan merujuk pada dokumen yang tersedia di emodul.kemdikbud.go.id3456.

3. Biologi 

Pembelajaran Biologi dalam Kurikulum 2013 sangat penting karena bertujuan untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang berbagai aspek kehidupan, meningkatkan keterampilan proses sains, dan mengembangkan sikap ilmiah1. Khusus untuk Paket C, pembelajaran harus kontekstual dan praktis, memanfaatkan lingkungan sekitar untuk memperkaya pengalaman belajar siswa2.

Berikut adalah tujuan pembelajaran kontekstual untuk mata pelajaran Biologi SMA sesuai dengan silabus kurikulum 2013, disajikan dalam bentuk tabel:

Kls / SemTujuan Pembelajaran 1Tujuan Pembelajaran 2Tujuan Pembelajaran 3Tujuan Pembelajaran 4Tujuan Pembelajaran 5Tujuan Pembelajaran 6
X /1Memahami konsep dasar Biologi dan aplikasinya dalam kehidupan.Mengidentifikasi berbagai bioproses di alam sekitar.Menerapkan metode ilmiah dalam penelitian sederhana.Menjaga keseimbangan ekosistem dan keanekaragaman hayati.Mengembangkan sikap ilmiah dan kritis terhadap informasi.Menyadari pentingnya kesehatan dan penerapannya dalam kehidupan.
X / 2Memahami struktur dan fungsi organisme hidup.Menganalisis interaksi antar makhluk hidup.Mengkaji perubahan genetik dan evolusi.Menjelaskan hubungan Biologi dengan lingkungan.Mempersiapkan untuk pendidikan tinggi di bidang Biologi.Mengembangkan kemampuan berkomunikasi ilmiah.
XI /1Memahami prinsip klasifikasi makhluk hidup.Menganalisis struktur dan replikasi virus.Mengidentifikasi struktur dan peran bakteri dalam kehidupan.Menyusun kladogram berdasarkan klasifikasi makhluk hidup.Melakukan kampanye tentang bahaya virus.Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis.
XI /2Memahami konsep ekosistem dan keberlanjutannya.Menganalisis siklus materi dan aliran energi.Menjelaskan adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungan.Mengkaji peran manusia dalam pelestarian alam.Menyusun proyek sederhana terkait Biologi lingkungan.Mengembangkan keterampilan kolaboratif dan komunikatif.
XII /1Memahami konsep genetika dan pewarisan sifat.Menganalisis mekanisme evolusi dan keanekaragaman hayati.Menjelaskan bioteknologi dan aplikasinya.Mengkaji isu etis dalam bioteknologi.Menyusun proyek sederhana terkait genetika.Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan etis.
XII / 2Memahami sistem reproduksi dan perkembangan organisme.Menganalisis peran hormon dalam proses kehidupan.Menjelaskan sistem imun dan cara kerjanya.Mengkaji dampak lingkungan terhadap kesehatan.Menyusun proyek sederhana terkait fisiologi manusia.Mengembangkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan higiene.

Tujuan pembelajaran ini dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang relevan dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik serta lingkungan mereka. Untuk informasi yang lebih spesifik, silakan merujuk pada dokumen yang tersedia di emodul.kemdikbud.go.id2.

Pembelajaran Biologi dalam Kurikulum 2013 sangat penting karena bertujuan untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang berbagai aspek kehidupan, meningkatkan keterampilan proses sains, dan mengembangkan sikap ilmiah1. Khusus untuk Paket C, pembelajaran harus kontekstual dan praktis, memanfaatkan lingkungan sekitar untuk memperkaya pengalaman belajar siswa2.

 

4. Matematika IPA 

Pembelajaran Matematika IPA dalam Kurikulum 2013 sangat penting karena membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir logis, kreatif, dan kritis1. Khusus untuk Paket C, pembelajaran harus kontekstual dan praktis, memanfaatkan lingkungan sekitar untuk memperkaya pengalaman belajar siswa2.

Berikut adalah tujuan pembelajaran kontekstual untuk mata pelajaran Matematika IPA SMA sesuai dengan silabus kurikulum 2013, disajikan dalam bentuk tabel:

Kls
/Sem
TP 1TP 2TP 3TP 4TP5TP 6
X /1Memahami konsep dasar matematika dan penerapannya dalam kehidupan.Mengidentifikasi pola dan hubungan matematis di alam sekitar.Menerapkan prinsip matematika dalam penyelesaian masalah sehari-hari.Mengembangkan kemampuan berpikir logis dan analitis.Menjelaskan konsep bilangan dan operasinya.Menggunakan matematika dalam pengelolaan keuangan pribadi.
X /2Memahami geometri dan penerapannya dalam kehidupan.Menganalisis data statistik dan probabilitas dalam konteks nyata.Menjelaskan hubungan antara variabel dalam fungsi.Mengkaji sistem persamaan dan pertidaksamaan.Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam matematika.Menyusun model matematika dari situasi nyata.
XI /1Memahami konsep limit dan turunan.Menganalisis grafik fungsi dan aplikasinya.Menjelaskan konsep integral dan penerapannya.Mengkaji aplikasi turunan dalam masalah optimasi.Mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis.Menyusun proyek sederhana yang berkaitan dengan kalkulus.
XI /2Memahami konsep matriks dan determinan.Menganalisis sistem persamaan linear dan aplikasinya.Menjelaskan konsep vektor dan penerapannya.Mengkaji transformasi geometri dan simetri.Mengembangkan kemampuan berpikir spasial.Menyusun proyek sederhana yang berkaitan dengan aljabar linier.
XII /1Memahami konsep peluang dan statistika.Menganalisis data dan menafsirkannya secara statistik.Menjelaskan distribusi probabilitas dan penerapannya.Mengkaji uji hipotesis dan inferensi statistik.Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam statistika.Menyusun proyek sederhana yang berkaitan dengan statistika.
XII /2Memahami konsep trigonometri dan penerapannya.Menganalisis gelombang dan fenomena periodik.Menjelaskan konsep persamaan diferensial dan penerapannya.Mengkaji model matematika dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.Mengembangkan kemampuan berpikir abstrak dalam matematika.Menyusun proyek sederhana yang berkaitan dengan trigonometri.

Tujuan pembelajaran ini dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang relevan dengan kebutuhan dan kondisi peserta didik serta lingkungan mereka. Untuk informasi yang lebih spesifik, silakan merujuk pada dokumen yang tersedia di emodul.kemdikbud.go.id2.


 

 







Posting Komentar

0 Komentar