Tutorial Mengisi Rapor Paket C


Dalam kesempatan yang baik ini saya diundang untuk menjadi narasumber di Balai Pengembangan PAUD dan Dimas Yogyakarta. Dihadiri mencapai 1000 peserta dalam zoom meeting. Oleh karena tidak dihadapan secara langsung dalam sebuah ruangan, melainkan di rumah sendirian, sehingga banyaknya peserta tidak membuat saya deg-degan. 

Mari silakan disimak tutorial bagi yang belum tahu. Adapun untuk update Rapor Paket C, Paket B, dan Paket A, silakan langsung saja ke link https://bit.ly/rk13pk 

Tutorial Rapor Paket C

  1. Unduh di link atas 
  2. Gunakan program worksheet bisa excel atau wps, adapun saya menggunakan program wps.com yang gratisan dan bisa didownload dengan kapasitas sangat kecil.
  3. Rapor tidak makro cukup dengan link saja, sehingga cukup mudah mengisinya.
  4. Langkah Pertama, isi bagian administrasi lembaga, mulai dari nama PKBM, NISN dan seterusnya pada lembaran awal 
  5. Langkah Kedua, isi bagian peserta didik selengkapnya, hingga ke jurusan, dan kelas. 
  6. Pertlu diketahui, bahwa rapor ini bisa dipakai untuk semua kelas dan semua jenjang. Jadi jika nomor p ertama jurusan IPS, dan kelas 3, maka baris kedua bisa kelas berapa  saja. Sehingga tekniknya isi sesuai keinginan. Pertimbangannya karena pesdik di PKBM itu bisa bercampur dan jumlahnya variatif. 

  7. Setelah itu tinggal di isi bagian SKK dan KKM, pengisian konsultasikan kepada Ketua/Kepala Satuan Pendidikan karena mestinya KKM, dan SKK sudah ditetapkan sebelumnya di buku KSP (kukrikulum satuan pendidikan). 

  8. Setelah itu isilah nilai di bagian mata pelajaran, cukup dua saja yang diisi, nilai pengetahuan setiap modul dan nilai ketermapilan. 

  9. Dari mana nilai pengetahuan dan keterampilan, tentu dilihat dari Kompetensi Dasar KD 3 dan KD 4 yang ada di kurikulum

  10. Setelah diisi semua, maka silakan di cek di bagian halaman sheet rapor jadi, di sini tidak perlu lagi mengisi, hanya cek dengan cara print screen. 

  11. Jika ada perubahan silakan diubah dan prin preview kembali. 

  12. Untuk selanjutnya, isi dengan bagian Nilai awal yaitu di komptensi Sosial dan Spiritual, disertai dengan komentar. Komentar yang ada hanya patokan saja silakan bisa diganti bebas. Untuk KI 1 (Tutor Agama) sedangkan K2 komptensi sosial adalah tutor PPKn. 

  13. Selanjutnya pada catatan atau kegiatan ekstra kurikuler bisa dipakai jika tidak bisa diubuang saja atau tidak perlu ditulis. Jika masih ada tulisan, bisa diblok warna putih, sehingga tidak muncul saat di print. 

  14. Untuk mata pelajaran muatan Umum tidak bisa diubah karena sudah dari kurikulum, apabila mau diubah di bagian mapel khusus, yaitu keterampilan yang terdiri dari 3 mapel (pendidikan olahraga, seni budaya, dan prakarya-kewirausahaan)

  15. Untuk bagian pemberdaayaan bisa menggunakan kemampuan soft skiil.. 


    Untuk contoh bisa melihat di bagian rencana program Semester Genap punya Edukasi. silakan klik di sini. 





Posting Komentar

0 Komentar

Edukasi Jakarta -