Ujian Praktek Seni dan Kreasi


Ujian praktek ini bagian dari syarat kelulusan peserta didik dalam kurikulum 2013. Kompetensi pengetahuan dan keterampilan fisik dan psikis peserta didik perlu ditampilkan; olah raga, olah wicara, √≥lah psikis termasuk olah hati semuanya sudah tergabung dalam mapel keterampilan. 

Karenanya di kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan  memiliki dua mata pelajaran dengan memiliki 4 konten mapel. 

1. Mapel Keterampilan Wajib. 

Mapel ini memiliki tiga mapel yang nilainya digabung, yaitu Pendidikan olahgara rekreasi, seni budaya, dan prakarya kewirausahaan. Ketiganya merupakan pembelajaran yang ditujukan untuk membuat kreasi yang dapat dilihat dari hard skill-nya. Sebagaimana pelajaran pada kurikulum sebelumnya, tiga mapel ini dipisah menjadi mata pelajaran tersendiri, namun pada kurikulum 2013 ini digabung menjadi satu. Namun itu hanyalah kompetensi minimal, jika saja lembaga membuat terpisah sebagaimana pada sistem sekolah, maka menjadi bagian satu-satu. Jika demikian maka jam pelajaran akan lebih banyak. Sedangkan di pendidikan kesetaraan yang dipentingkan adalah menunjukan karya nyata dari hard skill ini. 

Pada Edukasi Jakarta pilihan ketermapilan ada dua:

1. Ketermapilan wajib seperti penjelasan di atas, 
2. Keterampilan pilihan di mana memiliki dua kriteria:
    (1) keterampilan yang memilki sertifikat dengan pelatihan khusus. Untuk kepentingan ini, maka lembaga telah menitipkan pada pihak ketiga yang siap melatih dan teruji. Di mana pembelajaranya menggunakan online dan merupakan pilihan tersendiri dari para peserta didik. Macam-macam ketermapilan yang diinginkan oleh peserta didik. Ada yang coding khsusu pembuatan sistem dan coding untuk pembuatan website. Mereka belajar secara mandiri bersama guru ahlinya.  

   (2) keterampilan pilihan tanpa sertifikat. Hal ini bisa digunakan untuk peserta didik, sesuai kemampuan lembaga, maka seperti pada tahun lalu adalah membuat kue dan roti. 

2. Mapel Pemberdayaan  

Mapel pemberdayaan ini merupakan nama lain dari kurikulum lama yaitu kepribadian profesional. Materi ini diarahkan pada softskill di mana peserta didik mengasah ketermapilan dalam bidang ketermapilan untuk mampu berwirausaha atau bekerja. 

Kemampuan ini banyak sekali ragamnya yang dapat dimunculkan. Misalnya jika di Edukasi adalah komunikasi bahasa Inggris dengan program Edu Englisyh Dauy atau juga peserta didik dapat memilih sendiri program pemberdayaanya, seperti marketing digital yang sudah diberikan, juga pemberdayaan lingkungan seperti hidrophonic, dan lain-lain. 

Kedua mata pelajaran ini akan masuk pada laporan pendidikan peserta didik dan dapat dijadikan syarat untuk memenuhi administrasi penilaian dan pada akhir semester atau akhir tahun, rapor dapat ditambil. 

3. Praktek Ujian

 Mengingat pembelajaran tatap muka diganti dengan online, maka untuk ujian ini akan dilaksanakan secara onlien pula. Karena itu maka editing video sangat penting bisa ditunjukan dalam karya ini. 

1. Buatlah satu karya sendiri atau beberapa terserah
2. Editlah video prosesnya, bukan hasilnya. 
3. Semakin menarik video semakin besar nilainya. 
5. Bentuk-bentuk karya dikema dalam bentuk video yang diedit, agar mendapat nilai sempurna. maka uraikan caranya seperti yang ada pada video tutorial.

Hasil karya diserahkan baik link atau upload file di email admin@edukasi.sch.id

Cantumkan informasi:

1. Nama, asal tempat belajar
2. Jenis file yang dikerjakan


0 Komentar