Paparan Kemendikbud tentang Kurikulum Merdeka


Program "Kurikulum Merdeka" adalah sebuah inisiatif pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih dan mengatur kurikulum mereka sendiri. Praktek pembelajarannya dirancang untuk memberikan siswa kesempatan untuk belajar sesuai minat dan kebutuhan pribadi mereka.


Dalam prakteknya, Kurikulum Merdeka memungkinkan siswa untuk mengambil peran yang lebih aktif dalam proses pembelajaran. Mereka dapat memilih mata pelajaran yang ingin dipelajari, menentukan metode pembelajaran yang sesuai, dan menetapkan target pencapaian pribadi mereka. Hal ini memberikan ruang bagi siswa untuk mengeksplorasi minat mereka dengan lebih bebas dan mengembangkan potensi diri secara lebih holistik.

Ada beberapa pendekatan yang digunakan dalam praktek Kurikulum Merdeka. Salah satunya adalah pendekatan proyek berbasis, di mana siswa diberikan tugas proyek yang relevan dengan minat dan tujuan mereka. Dalam konteks ini, mereka belajar dengan cara yang lebih terlibat dan praktis, sambil mengembangkan keterampilan kritis, kreativitas, dan kolaborasi.

Selain itu, Kurikulum Merdeka juga mendorong penggunaan sumber belajar yang beragam, seperti buku, artikel, video, dan sumber daya daring lainnya. Siswa dapat memanfaatkan teknologi dan akses informasi yang lebih luas untuk meningkatkan pembelajaran mereka.

Guru dalam Kurikulum Merdeka berperan sebagai fasilitator dan pembimbing, membantu siswa dalam mengembangkan rencana pembelajaran yang sesuai dengan minat mereka. Mereka memberikan dukungan, saran, dan umpan balik yang diperlukan untuk memastikan siswa tetap berada pada jalur yang tepat dan mencapai tujuan pembelajaran mereka.

Penting untuk dicatat bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dapat berbeda-beda di setiap sekolah atau wilayah. Praktik pembelajaran yang digunakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks lokal. Tujuan utamanya tetap sama, yaitu memberikan kesempatan belajar yang lebih personal dan relevan bagi setiap siswa.

Dengan Kurikulum Merdeka, diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi diri mereka secara maksimal, mengasah keterampilan yang dibutuhkan di era modern, dan mempersiapkan diri untuk tantangan masa depan dengan lebih baik.

Berikut Paparan Kurikulum Merdeka dari Pemerintah:



Memahami Dasar-dasar Kurikulum Merdeka

0 Komentar