Keutamaan bulan Ramadan dan Tarawih

Hai teman-teman sekalian! Bulan Ramadhan telah tiba, yang artinya umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Tapi, tahukah kamu bahwa selain berpuasa, umat Islam juga disunnahkan untuk melaksanakan sholat tarawih?

Sholat tarawih ini merupakan salah satu bentuk ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan dilaksanakan secara berjamaah. Sholat ini dilakukan di malam hari dan terdiri dari beberapa rakaat yang membantu membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

Selain itu, sholat tarawih juga dapat membantu meningkatkan kualitas ibadah secara keseluruhan. Dalam sholat tarawih, kamu dapat merenungkan ayat-ayat Al-Qur'an yang dibaca dan memperdalam pemahaman tentang ajaran Islam.

Melakukan sholat tarawih bersama-sama juga dapat membantu meningkatkan kedekatan antara sesama umat Muslim dan memperkuat hubungan sosial dalam masyarakat. Kamu bahkan bisa berbagi cerita, pengalaman, dan nasihat antar sesama Muslim.

Sholat tarawih ini juga bisa menginspirasi kamu untuk lebih rajin dalam melakukan ibadah lainnya, seperti sholat tahajud, membaca Al-Quran, dan berpuasa sunnah. Ibadah yang dilakukan secara konsisten dan dengan hati yang ikhlas akan membantu kamu untuk lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT dan meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Selama bulan Ramadhan, seluruh amal baik dilipatgandakan. Maka, tidak heran jika umat muslim berlomba-lomba melakukan amal ibadah, termasuk sholat tarawih yang hanya dilakukan pada bulan yang suci ini.

Jadi, mari kita semua berusaha untuk melaksanakan sholat tarawih dengan penuh semangat dan ikhlas di bulan yang suci ini. Yuk, jadikan bulan Ramadhan kali ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan ibadah kita dan meraih keberkahan dari Allah SWT!

...,............ 
Keutamaan Melaksanakan Shalat Tarawih


Assalamualaikum para pelajar! 
Bulan suci Ramadhan telah tiba, dan sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Namun, tidak hanya itu, kita juga disunnahkan untuk melaksanakan shalat tarawih setiap malam.

Shalat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah dapat membantu kita mendapatkan pahala yang lebih besar dari pada shalat sunnah lainnya yang dilakukan secara individu. Selain itu, shalat tarawih dapat membantu membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

Dalam melaksanakan shalat tarawih, kita juga dapat memperdalam pemahaman kita tentang ajaran Islam dengan merenungkan ayat-ayat Al-Quran yang dibaca. Hal ini juga dapat membantu kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan merasakan kehadiran-Nya yang lebih dekat.

Tak hanya itu, setiap malam dalam bulan Ramadhan, shalat tarawih memiliki keutamaan yang luar biasa. Berikut 20 keutamaan shalat tarawih pada setiap malamnya yang disampaikan dalam bahasa Arab beserta terjemahannya:

Malam ke-1, Keluarnya Dosa Orang Mukmin

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ فَضَائِلِ التَّرَاوِيحِ فِي رَمَضَانَ، فَقَالَ: "يَخْرُجُ الْمُؤْمِنُ مِنْ ذَنْبِهِ كَمَا يَخْرُجُ الْمَوْلُودُ مِنْ بَطْنِ أُمِّهِ".

Artinya: Dari Ali bin Abi Thalib RA, beliau berkata: "Nabi SAW ditanya tentang keutamaan shalat tarawih di bulan Ramadhan, maka beliau menjawab: 'pada malam pertama, dosa orang mukmin akan keluar sebagaimana saat ia dilahirkan dari rahim ibunya'."


Malam ke-2, Diampuni Dosa Kedua Orang Tua

وَفِي اللَّيْلَةِ الثَّانِيَةِ يَغْفِرُ لَهُ وَلِأَبَوَيْهِ إِنْ كَانَا مُؤْمِنَيْنِ
Pada malam kedua, dosa kedua orang tua yang telah meninggal akan diampuni oleh Allah jika keduanya beriman.

Malam ke-3, Diampuni Allah

وَفِي اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ يُنَادِي مَلَكٌ مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ: اسْتَأْنِفُوا الْعَمَلَ، غُفِرَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكُمْ
Pada malam ketiga, malaikat di bawah arsy berseru, "Lanjutkanlah amalanmu, Allah telah mengampuni dosamu yang telah lampau."

Malam ke-4, Berpahala seperti Membaca Al-Quran

وَفِي اللَّيْلَةِ الرَّابِعَةِ يَكْتُبُ لَهُ مَنْ يَقْرَأُ التَّوْرَاةَ وَالْإِنْجِيلَ وَالزَّبُورَ وَالْفُرْقَانَ

Pada malam keempat, orang yang melaksanakan salat tarawih akan mendapat pahala sebesar orang yang membaca kitab-kitab suci seperti Taurat, Injil, Zabur dan Al-Quran.

Malam ke-5, Dapat Pahala seperti Shalat di Masjidil Haram

وَفِي اللَّيْلَةِ الْخَامِسَةِ يُعْطَى الْمُصَلِّي ثَوَابًا كَمَنْ صَلَّى فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَالْمَسْجِدِ الْمَدِينَةِ وَالْمَسْجِدِ الْأَقْصَى

Pada malam kelima, orang yang melaksanakan salat tarawih akan mendapat pahala seperti orang yang shalat di Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsa. 


Malam ke-6, Pahala Thawaf

وَفِي اللَّيْلَةِ السَّادِسَةِ، يُعْطَى اللهُ تَعَالَى ثَوَابَ مَنْ طَافَ بِالْبَيْتِ الْمَعْمُورِ وَيَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلُّ حِجَرٍ وَمُدَرٍ
Pada malam keenam, Allah memberikan pahala pada yang bertarawih sebagaimana pahalanya orang yang thawaf di Baitul Makmur dan setiap batu dan tanah memintakan ampunan pada-Nya.


Malam ke-7: Seakan Menolong Nabi Musa dari Fir'aun dan Haman.


في ليلة السابعة كأنّما يلتقي الشخص بنبي موسى عليه السلام، وينجو من شر فرعون وهامان.


Dalam malam ketujuh, seolah-olah seseorang bertemu dengan Nabi Musa AS dan terhindar dari kejahatan Fir'aun dan Haman.

Malam ke-8: Diberi Anugerah Seperti Anugerah Nabi Ibrahim a.s.

في الليلة الثامنة يعطى الشخص الأجر نفسه الذي أُعطي لنبيّ إبراهيم عليه السلام.

Dalam malam kedelapan, orang yang melakukan salat tarawih akan mendapat anugerah seperti yang diberikan kepada Nabi Ibrahim AS.

Malam ke-9: Seolah-olah Melakukan Ibadah Seperti Para Nabi. 

في الليلة التاسعة يعبد الشخص الله تعالى كما عبد الأنبياء عليهم السلام.

Dalam malam kesembilan, seolah-olah seseorang beribadah kepada Allah SWT seperti ibadah para nabi.

Malam ke-10: Diberikan Rezeki Dunia dan Akhirat yang Terbaik

في الليلة العاشرة يرزق الشخص خيري الدنيا والآخرة.

Dalam malam kesepuluh, orang yang melakukan salat tarawih akan diberi rezeki yang terbaik di dunia dan akhirat.

Malam ke-11: Seolah-olah Baru Dilahirkan dari Rahim Ibu
في الليلة الحادية عشرة يخرج الشخص من الدنيا كيوم ولدته أمه.
Dalam malam kesebelas, seolah-olah seseorang keluar dari dunia (mati) seperti pada hari ia baru dilahirkan dari rahim ibunya.

Malam ke-12: Wajah Bersinar Seperti Bulan Purnama di Hari Kiamat
في الليلة الثانية عشرة، عندما يأتي يوم القيامة، سيكون وجه الشخص مشرقًا مثل القمر في ليلة البدر.
Dalam malam kedua belas, saat hari kiamat tiba, wajah orang yang melakukan salat tarawih akan bersinar seperti bulan purnama.

Malam ke-13: Selamat dari Kejahatan di Hari Kiamat
في الليلة الثالثة عشرة، عندما يأتي يوم القيامة، سيكون الشخص


Malam ke-14: "Pada malam yang ke-14 ini, malaikat akan menjadi saksi bagi yang tarawih bahwa ia sudah melakukan shalat tarawih sehingga Allah tidak menghisabnya besok di hari kiamat." (HR. At-Tirmidzi)

في ليلة الرابعة عشرة، يكون الملائكة شهوداً لمن قام التراويح ليلتها، فيحفظونه من الحساب يوم القيامة. (رواه الترمذي)

Malam ke-15: "Pada malam yang ke-15, para malaikat dan para malaikat penyangga arsy dan para malaikat penjaga kursi kerajaan langit akan meminta ampunan pada orang yang shalat tarawih." (HR. Ibn Majah)

في ليلة الخامسة عشرة، يستغفر الملائكة وحملة العرش والكرسي لمن قام التراويح ليلتها. (رواه ابن ماجه)

Malam ke-16: "Pada malam yang ke-16, Allah akan mencatat kebebasan selamat dari neraka dan kebebasan masuk surga bagi yang tarawih." (HR. Ahmad)

في الليلة السادسة عشرة، يكتب الله لمن قام التراويح ليلتها براءة النجاة من النار وبراءة الدخول إلى الجنة. (رواه أحمد)

Malam ke-17: "Pada malam ini, yang melaksanakan tarawih akan diberi pahala seperti pahalanya para nabi." (HR. At-Tirmidzi)
في الليلة السابعة عشرة، يعطى من قام التراويح ليلتها مثل ثواب الأنبياء. (رواه الترمذي)

Malam ke-18: "Pada malam yang ke-18 ini, malaikat telah berseru (pada yang tarawih) wahai hamba Allah, sesungguhnya Allah telah meridloimu dan ke-2 orang tuamu." (HR. At-Tirmidzi)
في الليلة الثامنة عشرة، ينادي ملك يا عبد الله، إن الله رضى عنك وعن والديك. (رواه الترمذي)

Malam ke-19: "Di malam ini, Allah akan mengangkat derajat-derajat yang tarawih di surga firdaus." (HR. At-Tirmidzi)

في الليلة التاسعة عشرة، يرفع الله درجات من قام التراويح ليلتها في الجنة. (رواه الترمذي)


Malam ke-20: Dapat Pahala Syahid dan Orang Shalih

في الليلة العشرين يعطى ثواب الشهداء والصالحين

Pada malam ke-20, orang yang melaksanakan salat tarawih akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mati syahid dan orang-orang shalih. 

Malam ke-21, Terhindar dari Api Neraka

وفى الليلة الواحد وعشرون تصلى عليه الملائكة ويعطى الشفاعة الشافعين من أمتى ويؤمن من خاف النار

Pada malam ke-21, para malaikat akan mendoakan dan memberikan syafaat kepada umat Islam yang melakukan shalat tarawih, serta orang yang takut akan neraka akan merasa aman.

Malam ke-22, Diberi Anugerah
وفى الليلة الاثنين والعشرون يعطى خزائن الجنة
Pada malam ke-22, Allah akan memberikan anugerah kepada orang yang melaksanakan shalat tarawih dengan memberinya kekayaan yang terdapat di surga.

Malam ke-23, Selamat dari Azab Kubur

وفى الليلة الثالثة والعشرون يستر الله على المؤمنين فى قبورهم

Pada malam ke-23, Allah akan melindungi orang mukmin dari siksa kubur dan memberikan keamanan di dalam kubur.

Malam ke-24, Dapat Pahala Sepanjang Malam Laylatul Qadr

وفى الليلة الرابعة والعشرون يعطى ما يوهب فى ليلة القدر
Pada malam ke-24, Allah memberikan pahala sebesar pahala yang diberikan pada malam Laylatul Qadr.

Malam ke-25, Selamat dari Keburukan
وفى الليلة الخامسة والعشرون يستر الله على المؤمنين ويحرمه من البلاء

Pada malam ke-25, Allah akan melindungi orang mukmin dari keburukan dan mencegahnya dari bencana.


Malam ke-26, Dapat Pahala Sepanjang Malam

وفى الليلة السادسة والعشرون يكتب له اجر ليلة القدر

Pada malam ke-26, Allah akan mencatat pahala sebesar pahala yang diberikan pada malam Laylatul Qadr.


Malam ke-27, Dapat Pahala Sepanjang Tahun

وفى الليلة السابعة والعشرون يكتب له اجر العمل كله فى السنة

Pada malam ke-27, Allah akan mencatat pahala sebesar pahala dari seluruh amal yang dilakukan sepanjang tahun.


Malam ke-28, Terbebas dari Siksa Kubur

وفى الليلة الثامنة والعشرون تعتق رقاب المؤمنين من النار

Pada malam ke-28, orang yang melaksanakan shalat tarawih akan terbebas dari siksa k



Malam ke-21, Dapat Ampunan Seperti Air Hujan yang Melimpah

وفى الليلة الواحدة والعشرين يغفر الله له بكمية الغيث الذى يروى الارض
Pada malam ini, Allah akan mengampuni dosa-dosa yang diperbuat seorang muslim dengan sebanyak air hujan yang menyiram bumi.

Malam ke-22, Terhindar dari Azab Kubur
وفى الليلة الثانية والعشرين ينجو من عذاب القبر ويغفر له ذنوبه
Pada malam ini, Allah akan menyelamatkan orang yang tarawih dari azab kubur dan mengampuni dosa-dosanya.

Malam ke-23, Dapat Pahala Seperti Menunaikan Ibadah Haji
وفى الليلة الثالثة والعشرين تحصل له مكافأة الحج
Pada malam ini, Allah memberikan pahala kepada yang melakukan tarawih sebagaimana pahala orang yang menunaikan ibadah haji.

Malam ke-24, Dapat Pahala Seperti Membaca Kitab Suci Sebanyak 1000 Kali
وفى الليلة الرابعة والعشرين تحصل له مكافأة قراءة القرآن الكريم ألف مرة
Pada malam ini, Allah memberikan pahala sebagaimana pahala membaca Alquran sebanyak seribu kali.

Malam ke-25, Terhindar dari Siksa Kubur
وفى الليلة الخامسة والعشرين ينجيه الله من عذاب القبر
Pada malam ini, Allah akan menyelamatkan orang yang melakukan tarawih dari siksa kubur.


Malam ke-26, Dibuka Pintu Taubat
وَفِي اللَّيْلَةِ السَّادِسَةِ وَالْعِشْرِينَ يُفْتَحُ بَابُ التَّوْبَةِ

“Wa fil laylati as-sadisah wa al-‘isyriina yuftahu babu at-taubah”

“Pada malam ke-26 dibuka pintu taubat”


Malam ke-27, Malaikat Turun ke Bumi
وَفِي اللَّيْلَةِ السَّابِعَةِ وَالْعِشْرِينَ يَنْزِلُ الْمَلَكُ إِلَى الْأَرْضِ
“Pada malam ke-27, turunlah malaikat ke bumi”

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya pada malam ke-27 dari bulan Ramadan, turunlah malaikat ke bumi dan Allah SWT memandang pada makhluk-Nya di malam itu dengan pandangan yang penuh kasih sayang dan memberikan ampunan pada hamba-Nya yang banyak, kecuali bagi orang yang menyekutukan-Nya dan orang yang bermusuhan” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Malam ke-28, Pengampunan Dosa
وَفِي اللَّيْلَةِ الثَّامِنَةَ وَالْعِشْرِينَ يَغْفِرُ اللَّهُ لِجَمِيعِ مَنْ يُصَلِّي التَّرَاوِيحَ وَيَسْتَغْفِرُ

“Pada malam ke-28, Allah mengampuni dosa semua orang yang melaksanakan shalat tarawih dan beristighfar.” 

Malam ke-29, Terbebas dari Ikatan Dosa

وفى الليلة التاسعة والعشرين يحل الله عز وجل له العقد المؤدى الى النار

Pada malam ke-29, Allah akan membebaskan orang yang melaksanakan shalat tarawih dari ikatan dosa yang membawanya ke dalam neraka.

Malam ke-30, Mendapat Pahala Seperti Mengerjakan Ibadah Selama Setahun Penuh

وفى ليلة الثلاثين تقبل صيامه وقيامه وتمام عمله وكأنما عمل عاما كاملا

Pada malam ke-30, Allah akan menerima puasa dan shalat tarawih yang dilakukan, serta seluruh amal ibadah yang telah dilakukan selama bulan Ramadan seperti telah melakukan ibadah selama setahun penuh.

Semua keutamaan yang terkandung dalam shalat tarawih di malam-malam Ramadan ini menunjukkan betapa besar pentingnya shalat tarawih bagi umat Islam. Selain mendapatkan pahala yang besar, shalat tarawih juga dapat membantu umat Islam membersihkan diri dari dosa dan kesalahan serta meningkatkan kualitas ibadah secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, marilah kita menjaga konsistensi dalam melaksanakan shalat tarawih di malam-malam Ramadan ini dan semoga kita selalu diberi kekuatan untuk melaksanakan ibadah dengan penuh keikhlasan dan cinta kepada Allah SWT.




Posting Komentar

0 Komentar

Edukasi Jakarta -