Pekan Uji Kesetaraan

Suasana saat Asesmen Sumatif 2023 Paket C. 

PKBM Edukasi Jakarta dalam waktu dua hari ini tengah mengadakan uji kesetaraan bagi peserta didik Paket A, Paket B dan Paket C. 

Uji Kesetaraan (UK)  merupakan rangkaian kegiatan terakhir dari proses pendidikan. Diharapkan Uji Kesetaraan ini dapat memberikan momentum yang terbaik bagi peserta didik agar diakui sama dengan pendidikan. 

Kepada peserta didik yang telah mengikuti uji kesetaraan akan mendapatkan sertifikat uji kesetaraan dari pemerintah dalam hal ini Kemendikbud RI. 

Kegiatan awal uji kesalahan adalah literasi dan nomor resi bagi peserta didik pekerja yang dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2023. Selanjutnya pada pekan berikutnya nanti adalah untuk program paket A dan Paket B yang akan menempuh uji kesetaraan dari kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI melalui jalur UK daring. 

Paket C adalah program pendidikan kesetaraan setingkat SMA yang memilih jalur non formal sebagai jalur pendidikan yang akan menentukan nasib masa depan peserta didik agar memiliki hak eligibilitas yang sama dengan pendidikan formal. 

Dengan hak tersebut peserta didik dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi dan memilih jurusan yang sesuai dengan bidangnya. 

Sebelum uji kesetaraan tentunya setelah dilaksanakan ujian akhir sekolah atau dikenal dengan assessment sumatif. 

Dari asesmentsunatif ini telah diumumkan peserta didik yang lulus dan tidak lulus dan alhamdulillah PKB edukasi Jakarta partisipasi mengikuti rangkaian akhir ini telah lolos sekitar 90% yang 10% tidak lulus uji kisaran karena kurangnya nilai dari kegiatan harian dan juga karena hambatan lain. 

Kepada peserta didik yang telah lulus kami ucapkan selamat dan kepada yang belum lulus diharapkan untuk memacu kembali agar bisa mengisi waktu luangnya di samping kesibukan untuk fokus menyelesaikan program pendidikan paket C tingkat SMA. Tentunya akan mengikuti pengukuran atau asesmen akhir sumatif nanti pada tahun ajaran baru. 

PKBM  Edukasi Jakarta merupakan lembaga pendidikan yang terakreditasi yang kini tengah menerima pendaftaran setelah didik baru untuk tahun ajaran baru yang akan datang diharapkan mereka yang masih kelas awal dan tengah untuk kemudian napk kelas akhir akan melaksanakan proses akhir kelas dengan belajar lebih giat lagi dan memiliki keterampilan yang dibutuhkan serta mampu menguasai kompetensi pengetahuan sesuai dengan standar kompetensi lulusan. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, uji kesetaraan pada pendidikan kesetaraan atau pendidikan nonformal dilakukan dengan mempertimbangkan standar kemampuan dan pengetahuan yang setara dengan program pendidikan formal, terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan literasi dan numerasi.

Agar peserta didik dapat diakui setara dengan pendidikan formal, penting bagi mereka untuk mengikuti proses ujian akhir atau assessment sumatif dengan serius dan fokus agar dapat mencapai kelulusan. Proses uji kesetaraan tersebut diikuti oleh proses asesmen khusus literasi dan numerasi yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan dan pengetahuan peserta didik secara khusus dalam hal literasi dan numerasi.

Asesmen khusus ini sangat penting karena literasi dan numerasi merupakan keterampilan dasar yang diperlukan untuk menjalani kehidupan sehari-hari, terutama dalam berbagai bidang pekerjaan yang membutuhkan kemampuan membaca, menulis, dan menghitung dengan baik.

Dengan demikian, melalui uji kesetaraan dan proses asesmen khusus literasi dan numerasi, setiap peserta didik pada program pendidikan kesetaraan dapat memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pengakuan formal atas kemampuan dan pengetahuannya, dan dapat dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. 



0 Komentar