Asesmen Sumatif Paket C PKBM Edukasi Jakarta Diwarnai Kunjungan Kasi PAUD dan Dikmas

Edukasi Jakarta, 6 Maret 2024
Gedung pembelajaran Paket C PKBM Edukasi Jakarta di Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan, diramaikan dengan kedatangan Ibu Faizah Hastawati, Kasi PAUD PMPK (Kepala Seksi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Masyarkat, dan Pendidikan Khusus) Kota Jakarta Selatan 1, beserta M. Aunurrafiq, Penilik PAUD PMPK Jakarta Selatan 1 dan Cut Yusmanida, Staf PAUD PMPK Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan 1 pada hari Rabu, 6 Maret 2024. Kunjungan ini bertepatan dengan pelaksanaan asesmen sumatif Kelas XII Paket C yang berlangsung selama 5 hari dari Senin hingga Jumat, 4-7 Maret 2024.

Asesmen ini merupakan asesmen kelima selama tahun ajaran 2023/2024 dan bertujuan untuk menentukan kelulusan peserta didik kelas 12. Biasanya, asesmen sumatif dilangsungkan setiap dua bulan sekali mengikuti sistem ujian modul pada kurikulum 2013. Namun, dengan hadirnya standar penilaian baru, pelaksanaannya tidak selalu berbarengan karena setiap guru memiliki waktu penyelesaian yang berbeda. Pada kesempatan kali ini, asesmen dilangsungkan bersamaan dengan guru lain untuk menghadirkan peserta didik yang belajar mandiri secara homeschooling.

“Hal ini untuk menghadirkan pada homeschooler yang melangsungkan pendidikan secara mandiri di rumah mereka, yang selama ini mengikuti secara online atau mengikuti pembelajaran oleh guru bimbingan sendiri dan/atau atas bimbingan orang tua,” ujar Bu Siti, penanggung jawab program Paket C setara SMA.

Kunjungan Kasi PAUD dan Dikmas beserta Penilik cukup intensif dengan memberikan arahan, pertanyaan, dan obrolan kepada peserta didik, guru pengawas, dan pengelola PKBM Edukasi Jakarta. Beberapa pertanyaan yang diajukan, antara lain, bagaimana pembelajaran di PKBM, asal daerah peserta didik, dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran dimanajemen.

Ibu Faizah Hastawati menekankan pentingnya pendidikan yang teratur, tertata, dan rapi sehingga memudahkan untuk perbaikan dan peningkatannya. Beliau juga menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan asesmen sumatif yang terlaksana dengan baik.

Sesi terakhir kunjungan diakhiri dengan foto bersama pengurus lembaga dan pengawas yang bertugas. Pengelola PKBM Edukasi Jakarta mendapat kehormatan untuk dikunjungi di rumahnya yang berdekatan. Ibu Kasi dan Penilik bersama staf melaksanakan ibadah dhuhur dan kemudian dilanjutkan bercengkerama lebih santai. Sekitar jam 14.00 WIB, rombongan Kasi PAUD dan Dikmas pamit untuk melanjutkan kunjungan ke PKBM lainnya.

Kunjungan ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan dari pemerintah terhadap program pendidikan kesetaraan di PKBM Edukasi Jakarta. Diharapkan dengan adanya kunjungan ini, program pendidikan kesetaraan semakin maju dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikannya.


Posting Komentar

0 Komentar

Edukasi Jakarta -
Edukasi Jakarta -
Edukasi Jakarta -